3 Langkah Membuka Bisnis Franchise

image

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membeli sebuah bisnis franchise? Jawabannya tidak ada waktu yang pasti karena kita harus terlebih dahulu menemukan peluang bisnis franchise yang cocok.

Yang dimaksud dengan “kecocokan”, adalah mengacu pada fakta bahwa bisnis franchise yang akan kita pilih perlu:

A. Sesuai dengan anggaran/ budget

B. Sesuai dengan minat dan ketrampilan

C.Memiliki potensi keuntungan yang baik

D. Tersedia di wilayah/ lokasi jangkauan kita

Selain itu, diperlukan sebuah rencana bisnis, melakukan riset serta konsultasi dengan beberapa kolega yang sudah menjalankan bisnis franchise. Namun, diluar tahap riset dan pekerjaan awal, bagaimana cara mencapai tujuan membuka bisnis bisnis franchise agar dapat terealisasi secepat mungkin?

Berikut 3 langkah yang harus diambil sebelum membuka bisnis franchise :

Langkah 1: Menemukan Lokasi

Penting untuk diketahui bahwa jika membeli bisnis franchise yang memerlukan lokasi fisik, mungkin perlu waktu lebih lama untuk menentukan lokasi yang diseujtui oleh franchisor.

Langkah 2: Izin dan Perpajakan

Layaknya dalam membuka bisnis/ usaha baru, pastikan kita memiliki izin dan lisensi bisnis. Dari pihak franchisor pasti memiliki daftar hal-hal yang terkait legalitas yang wajib kita penuhi.

Langkah 3: Pelatihan

Salah satu hal yang membuat bisnis franchise menarik adalah kenyataan bahwa adanya pelatihan tentang setiap aspek bisnis yang baru saja kita investasikan. Dan karena teknologi, pelatihan ini bisa dilakukan secara online.

Berikut beberapa hal yang akan dan harus pelajari:

  • Operasional
  • Sistem Management Franchise
  • Pemasaran / periklanan
  • Sumber Daya Manusia
  • Pelatihan karyawan
  • Persyaratan pembukuan

Pada saat kita siap untuk membuka bisnis, kita akan tahu persis apa yang harus dilakukan. Beberapa bisnis franchise bahkan menawarkan bantuan pembukaan sebagai panduan pebisnis franchise melalui masa soft opening dan franchisor juga akan menyediakan jasa layanan bantuan bagi franchisee dalam keseluruhan operasi bisnisnya.

Baca Juga : MEMAHAMI BIAYA FRANCHISE

turboly.com