5 Kemampuan Utama yang Harus Dimiliki Sales Counter

image

Bekerja di bidang retail membutuhkan dan diharuskan memiliki beberapa keterampilan termasuk, empati, mendengarkan secara aktif, kesabaran, kemampuan beradaptasi, keterampilan komunikasi, dan banyak lagi. Keterampilan dan karakteristik ritel yang biasanya muncul secara alami

Mari kita lihat beberapa dari keterampilan dan sifat ini secara lebih mendetail di bawah.

1. Keinginan untuk membantu orang lain

Sifat terpenting dari seorang sales counter adalah minat dalam membantu orang lain. Ritel sebagai industri diarahkan untuk membuat kehidupan pelanggan menjadi lebih baik melalui satu produk atau produk lainnya. Seorang karyawan ritel yang luar biasa tertarik untuk mencari tahu apa yang diinginkan pelanggan dan bagaimana menyampaikannya kepada mereka.

2. Empati

Sales counter yang berempati adalah orang yang dapat menempatkan diri pada posisi pelanggan dan benar-benar memahami apa yang mereka inginkan. Empati adalah dasar dari keterampilan mendengarkan aktif yang luar biasa dan lebih dari satu pakar telah mengidentifikasi sifat ini sebagai hal yang akan menghemat ritel fisik.

3. Sabar

Kesabaran adalah unsur penting dalam keterampilan layanan pelanggan yang sangat baik. Kenyataannya adalah terkadang ada waktu dimana harus bekerja dengan pelanggan yang ingin lambat dalam mengambil keputusan, dan seorang sales counter harus menyesuaikan dengan mereka.

4. Keramahan

Meskipun menjadi sales counter tidak perlu menjadi ekstrovert untuk menjadi bagian ritel yang hebat seorang sales counter tetap harus ramah. Ritel adalah industri yang berorientasi pada individu. sales counter harus baik hati dan ramah kepada semua orang yang datang ke toko. Keramahan memberikan dasar penting untuk semua keterampilan menjual dan layanan pelanggan.

5. Harus cepat belajar

Sales counter akan “hujani” dengan informasi: cara bekerja sebagai kasir; bagaimana menjalankan penjualan; cara merespon pelanggan dengan benar. Industri ritel sangat dinamis, dimana produk akan selalu up-to-date setiap musimnya, jadi menghafal adalah kemampuan utama yang wajib dimiliki. Seorang sales counter saat ini harus memahami cara menggunakan teknologi. Begitu banyak pekerjaan ritel yang terintegrasi secara mulus dengan hal-hal seperti teknologi Sistem POS

Baca Juga :Sederet Tugas dan Tanggung Jawab Store Manager

turboly.com