Sederetan Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Store Manager

image

Apa itu Store Manager? Store manager adalah seorang yang bertanggung jawab penuh atas kondisi seluruh toko dan para staff yang berada didalamnya.

Dalam hirarkinya, General Manager membawahi Store Manager, selanjutnya Store Manager Membawahi seluruh staff di Retail tersebut.

Untuk lebih spesifiknya, berikut sederetan tugas dan tanggung jawab seorang Store Manager :

Rekrutment Pegawai

Store manager berperan penting dalam urusan rekrutment pegawai, tugas ini merupakan tugas utama seorang Store Manager. Tidak cukup sampai rekrutment saja, namun juga memberikan pelatihan secara keseluruhan tugas yang harus dijalani oleh para pegawai.

Seorang store manager harus dapat memastikan bahwa seluruh pegawai bekerja secara efektif sesuai tugas mereka masing-masing.

Memotivasi Pegawai

Store manager dan pegawai layaknya sebuah team work yang harus bekerja sama dalam memajukan bisnis retail tersebut. Store manager harus secara kritis mencari tahu trend terbaru saat ini yang dapat menunjang pendapatan, saling berkorrdinasi dengan para pegawai. Dan sebagai store manager wajib baginya untuk terus memotivasi kerja para pegawai dan memberikan arahan kepada para pegawai dari hari ke hari.

Mencapai Target Penjualan

Tugas seorang store manager tergolong berat, dimana store manager pula bertanggung jawab dalam pencapaian target penjualan. Store manager harus dapat menciptkan strategi penjualan, untuk mencapai target pendapatn yang telah ditentukan.

Baca juga : Strategi licik untuk meningkatkan penjualan

Menjaga Toko Tetap Kondusif

Situasi dan kondisi toko berada dibawah tanggung jawab seorang store manager. Store manager harus dapat mampu menciptakan suasana toko tetap dalam keadaan yang kondusif kapan pun itu. Bila kondisi toko sedang ramai, store manager harus mampu membuat keputusan yang tepat agar penuh sesak situasi dalam toko tidak membuat pelanggan menjadi tidak nyaman.

Baca Juga : Cara agar pelanggan selalu ingat dan kembali ke toko anda

Menjaga Kebersihan Toko

Toko atau store manapun tentu akan terlihat menarik bila dalam keadaan bersih dan tertata rapi, dan ini juga bagian dari store manager untuk menugaskan cleaning service memperhatikan kebersihan di toko.

Memperhatikan Tata Letak Display

Display memberi pengaruh besar dalam “memanggil pelanggan” tampilan display yang menarik dan atraktif tentu dapat menggaet pelanggan untuk masuk ke dalam toko. Tata letak display juga menjadi tugas penting yang tidak boleh diabaikan oleh seorang store manager.

Baca Juga : 5 Tips Tata Letak Display Barang Untuk Meningkatkan Penjualan

Mengetahui Letak Seluruh Produk

Store Manager tidak hanya sekedar memberi perintah kepada pegawai, tetapi store manager sendiri harus dengan cekatan memahami seluruh keadaan dalam store. Seperti halnya mengetahui tata letak produk, store manager harus mampu menghafal letak seluruh produk. Selain menegatahui, tentu store manager juga memiliki tanggung jawab dalam hal peletakan produk tersebut. Letakkan produk sesuai dengan kategori masing-masing. Untuk produk yang saling melengkapi diletakkan secara berdekatan, contoh seperti mengatur posisi kopi dan gula saling berdampingan.

Menjamin Tidak Produk yang “Out Of Stock”

Artinya disini seoarang store manager mempunyai peran penting dalam memanage aset toko. Inventory produk merupakan nyama bagi usaha retail, untuk itu ini merupakan sebuah tugas penting lain bagi store manager. Store manager harus memastikan jumlah produk, bila jumlah sudah menipis untuk dapat segera dilaporkan ke General Manager untuk diteruskan ke bagian warehouse bahwa toko mulai kehabisan produk tersebut.

Baca juga : 5 Alasan Stock Level Tidak Akurat

Memperhatikan Keamanan Toko

Bisnis retail sering kali menjadi sasaran penguntil, nah ini juga merupakan tugas dari store manager untuk memastikan toko bebas dari penguntil. Baik dari pihak luar atau staff, karena bukan tidak mungkin pelaku pencurian barang adalah staff toko itu sendiri.

Baca juga : Alat & Teknologi yang Tepat Untuk Membantu Mengurangi Kehilangan Barang

turboly.com