image

Peran Penting Data Pelanggan dalam Ritel

Data Pelanggan adalah bagian yang sangat penting dari bisnis ritel untuk secara efisien merumuskan strategi yang dapat meningkatkan keuntungan, tetapi data pelanggan sering kali merupakan sesuatu yang sulit dikumpulkan. Sering kali merasa enggan untuk meminta informasi pribadi pelanggan mereka dan hal ini seringkali dapat menghambat proses pengumpulan. Sebagai pelaku usaha ritel kita harus memahami pelanggan secara mendalam dan menerima ini sebagai kebiasaan baru. Untuk lebih mempermudah proses pengumpulan data retailer dapat:

  • Sederhanakan proses pengumpulan data dengan bantuan Software POS Ritel
  • Bangun kepercayaan dengan menjelaskan bagaimana data yang dikumpulkan akan digunakan
  • Tunjukkan bagaimana data yang dikumpulkan memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik

Ada banyak cara retailer dapat mengumpulkan data khusus ritel yang diperlukan dari pelanggan mereka. Berikut beberapa ide yang dapat diterapkan retailer untuk pengumpulan data:

Transaksi Pembelian: Software POS seperti Turboly POS memungkinkan retailer untuk mengumpulkan dan melaporkan semua transaksi pelanggan dengan mudah. Ini adalah cara ideal untuk memulai proses mengidentifikasi pelanggan. Data pelanggan yang tersedia dari Software POS akan membantu retailer memahami tingkat pengeluaran, preferensi merek, kategori, dan banyak lagi, memberi mereka wawasan tentang pelanggan mereka.

Program Loyalitas: Program loyalitas adalah cara ideal untuk terlibat dengan pelanggan seseorang dan mempelajari lebih lanjut tentang mereka. Program loyalitas yang terintegrasi dengan software POS adalah penghemat waktu yang sangat besar dan akan membantu retailer merampingkan proses pengumpulan data di semua saluran.

Survei: Survei singkat adalah cara ideal untuk mengumpulkan semua informasi yang dibutuhkan. Pertanyaan harus dibingkai sedemikian rupa sehingga survei dapat membantu retailer keputusan pemasaran, merchandising, penjualan dan produk mereka.

Analisis POS: Data yang tersedia dari Analisis POS seseorang dapat berdampak besar pada berbagai aspek bisnis. Pemasaran, misalnya, dapat dilakukan secara efektif dan efisien dengan bantuan data POS Analytics. Data ini juga dapat berguna untuk memahami kebiasaan pembelian pelanggan yang sangat penting dalam hal manajemen inventaris.

Retailer perlu membangun strategi kohesif yang berkorelasi dengan bisnis unik mereka. Di sinilah Software POS seperti Turboly dapat membantu meningkatkan cara retailer mengumpulkan dan menganalisis data khusus ritel. Namun demikian, setiap karyawan wajib belajar harus untuk memahami mengapa mereka mengumpulkan data dan memahami secara mendalam bagaimana hal itu berdampak pada keuntungan. Retailer perlu menggunakan data tersebut untuk memberikan pengalaman yang lebih baik dan lebih dipersonalisasi bagi pelanggan mereka.

Baca Juga : CARA TURBOLY CRM MENINGKATKAN KEUNTUNGAN BISNIS

www.turboly.com