4 Manfaat Sistem ERP untuk Industri Otomotif

image

Ide mengimplementasikan Sistem ERP di perusahaan manufaktur dan dealer otomotif memang bukanlah investasi yang murah tapi hal ini membawa manfaat yang jauh lebih besar daripada biaya investasi awal yang dikeluarkan perusahaan.

Berikut kami bagikan 4 manfaat yang dapat Sistem ERP untuk Industri Otomotif :

1. Penghematan Biaya

Sistem ERP akan membantu mengkonsolidasikan sebagian besar sistem software di perusahaan. Solusi ERP menyatukan semua sistem menjadi satu bagian, yang mencakup penjualan , manajemen produk, keuangan, supply chain management (SCM), manajemen hubungan pelanggan (CRM), manajemen persediaan, dan banyak lagi.

2. Meningkatkan Kolaborasi Antar Departement

Software ERP memiliki modul dengan fitur dan fungsi yang berbeda. Namun, Software ERP mampu menyatukan itu semua dan memberikan keuntungan :

  • Mengolah dan berbagi data secara real time
  • Mengoptimalkan aksesibilitas database
  • Meningkatkan keamanan database
  • Meningkatkan kolaborasi dan komunikasi

Sistem ERP membuat proses menjadi lebih sederhana, Sistem ERP mengumpulkan, mencatat, dan memungkinkan masing-masing departement yang berbeda untuk berbagi informasi semuanya dalam satu sistem. Di atas segalanya, ia melakukan semua ini secara akurat dan dengan cara yang komprehensif dan aman.

3. Analisa Komprehensif

Solusi ERP akan menghasilkan banyak laporan mulai dari laporan pendapatan, laporan pengeluaran, dan indikator kinerja utama (KPI), hingga pembaruan status persediaan, dan banyak lagi.

Memiliki kemampuan untuk menghasilkan laporan ini secara tepat waktu membuat perusahaan otomotif lebih lincah, memungkinkan manajemen membuat keputusan dan merespon masalah dengan cepat. Selain itu, solusi ERP juga akan membuat semua tim bekerja secara mandiri tanpa perlu lagi merepotkan bagian IT untuk membuat dokumentasi laporan secara manual.

4. Meningkatkan Produktivitas

Tidaklah mengherankan jika begitu banyak perusahaan mengimplementasikan sistem ERP karena kemampuannya untuk membuat proses bisnis lebih efisien. Coba luangkan waktu sedikit untuk memahami proses bisnis perusahaan otomotif di perusahaan Anda, hasilnya mungkin dapat melihat sejumlah redundansi operasional yang membuat perusahaan sebenarnya boros dalam sisi sumber daya.

Meskipun bukan hal yang aneh bagi perusahaan otomotif, bahkan perusahaan besar, untuk memiliki sedikit masalah dengan efisiensi, tetap pasti tetap ingin memastikan bahwa pekerjaan bisa diminimalkan, karena pada akhirnya dapat merugikan perusahaan. Sistem ERP yang efektif memastikan bahwa setiap sumber daya, setiap menit, dan setiap karyawan dimaksimalkan secara efektif untuk mengurangi waktu yang terbuang dan meningkatkan profitabilitas.

Baca Juga : MENGOPTIMALKAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN BISNIS DENGAN SOFTWARE ERP

turboly.com