image

Cara Mengoptimalkan Operasi Ritel di Tahun 2020

Tahun 2020 telah menjadi tahun yang menantang untuk ritel, karena COVID-19, penjualan menurun dan hingga banyak penutupan ritel dalam rentang waktu 6 bulan terakhir. Kondisi mulai membaik dalam 1 bulan terakhir dan secara bertahap mulai terbuka kembali, dan meskipun lingkungan masih cukup menantang, kini saatnya bagi retailer - online dan fisik - untuk memastikan bahwa mereka mengoptimalkan operasi mereka untuk memastikan efisiensi maksimum. Dari menerapkan sistem manajemen ritel hingga penjualan omnichannel, berikut lima cara untuk memulai.

Tentukan indikator kinerja utama

Sebelum Anda dapat meningkatkan operasi ritel, Anda perlu mengetahui apa yang Anda ukur. Indikator kinerja utama (KPI) membantu Anda menetapkan angka dasar untuk bisnis Anda yang memberi Anda titik awal yang akurat untuk membangun dan meningkatkan. Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan alat pelaporan dan analitik seperti Turboly Cloud ERP, yang memungkinkan Anda melacak dan memantau kinerja toko dengan mudah, membantu Anda membuat keputusan persediaan, penjualan, dan pemasaran yang lebih baik.

Tingkatkan manajemen persediaan

Cara terbaik untuk mengoptimalkan proses persediaan Anda adalah dengan menggunakan software manajemen persediaan, karena ini akan memberi Anda wawasan tentang area yang paling kritis, seperti margin kotor, rasio perputaran persediaan, dan kinerja penjualan. software tersebut juga dapat memberikan pelaporan yang komprehensif sehingga Anda tahu apa yang dijual dan apa yang tidak. Ini membantu Anda memperkirakan tren dan membuat keputusan berdasarkan data yang memungkinkan Anda untuk menjaga toko Anda tetap penuh dengan produk yang laku - dan menyingkirkan yang tidak.

Tingkatkan pengalaman pelanggan melalui omnichannel

Pembeli saat ini tidak hanya masuk ke toko untuk semua pembelian mereka. Beberapa mencari item secara online dan kemudian datang ke toko untuk melakukan pembelian. Orang lain mungkin berada di lokasi fisik, melihat item yang mereka minati, dan kemudian mengeluarkan ponsel mereka untuk membandingkan harga sebelum melakukan pembelian. Apa pun situasinya, yang penting adalah pengecer mengoptimalkan pengalaman belanja omnichannel, memastikan semua saluran ini saling terhubung dan menyediakan proses pembelian yang mulus.

Otomatiskan proses

Saat Anda menjalankan bisnis, selalu ada yang harus dilakukan. Dan dengan menerapkan otomatisasi untuk tugas-tugas tertentu, akan lebih sedikit yang dapat Anda lakukan karena tugas-tugas rutin tersebut dapat berjalan tanpa perlu manual oleh staff. Tugas yang Anda pilih untuk diotomatiskan akan spesifik untuk kebutuhan masing-masing perusahaan, tetapi cara yang baik untuk memulai adalah dengan mer-review apa yang Anda lakukan dalam seminggu untuk melihat berapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk setiap tugas. Ini akan membantu Anda mengetahui di mana Anda dapat menghabiskan waktu dan energi dengan lebih baik, dan apa yang dapat diotomatiskan untuk membebaskan lebih banyak waktu Anda. Selanjutnya, tanyakan kepada karyawan Anda, karena mereka sering kali adalah orang-orang yang juga melakukan tugas yang membosankan dan akan memiliki ide tentang bagaimana segala sesuatunya dapat berjalan lebih efisien.

Gunakan sistem manajemen ritel

Berbicara tentang otomatisasi, Anda harus menerapkan sistem manajemen ritel untuk memastikan bisnis Anda beroperasi dengan efisiensi setinggi mungkin. Selain menjadi cara bagi pelanggan untuk membayar, platform ritel yang solid juga dapat:

Sistem POS memberi retailer sebuah alat yang diperlukan untuk merampingkan proses, membuat keputusan berdasarkan data, dan membantu segala hal mulai dari pelaporan penjualan hingga manajemen karyawan dan pelanggan. Pastikan untuk bekerja dengan penyedia yang dapat membantu Anda memanfaatkan semua yang ditawarkan sistem Anda, memastikan bahwa setiap gerakan yang Anda lakukan akan bermanfaat bagi bisnis Anda.

Baca Juga : SOFTWARE CLOUD ERP 2020

www.turboly.com