3 Kesalahan Saat Memilih Model SaaS

image

Kesalahan 1: Dengan asumsi SaaS adalah opsi yang mahal dalam jangka panjang

SaaS terlihat jauh lebih mahal. Model SaaS umumnya menawarkan biaya yang lebih rendah dalam dengan konsep berlangganan, jika dibandingkan dengan investasi awal dan biaya pemeliharaan tahunan yang relatif. Namun, untuk memahami model mana yang berbiaya “lebih murah”, waktu adalah segalanya. Memang rata-rata, jika dibandingkan dengan investasi awal yang dikeluarkan untuk membeli putus sebuah Sistem ERP maka SaaS akan impas terus-menerus setelah 5 tahun. Namun jangan lupa, jika membeli putus sebuah Sistem ERP akan ada banyak biaya tambahan seperti biaya pemeliharaan tahunan, biaya support service hingga biaya penggantian server saat memasukin tahun-tahun rawan 4-5 tahun.

Kesalahan 2: Asumsi semua model SaaS sama

Banyak perusahaan menyukai model langganan yang ditawarkan solusi berbasis cloud, memberi mereka kesempatan untuk membayar kapan saja, selama mereka mendapatkan nilai yang sepadan dengan biayanya. Ada 2 jenis metode pembayaran Saas, pertama saat kontrak di tandatangani dan kedua dimulai setelah live system. Pahami tentang kontrak yang Anda tanda tangani. Pertimbangkan untuk menetapkan bahwa pembayaran tidak akan dimulai hingga Sistem ERP telah diterapkan sepenuhnya, atau pertimbangkan untuk menerapkan perlindungan yang mencegah vendor beralih model lisensi pertengahan langganan.

Kesalahan 3: Percaya bahwa Anda dapat mengontrol kinerja dan ketersediaan:

Terlepas dari kontrol dan pendekatan mitigasi risiko yang ada, pastikan ada jaminan yang dapat diberikan vendor terkait dengan kinerja dan layanan after pemeliharaan. Perusahaan juga bergantung pada pemeliharaan vendor. SLA dan klausul dalam kontrak mungkin memberikan kredit layanan atau kompensasi finansial jika sistem mati, tetapi tidak dapat membeli produktivitas yang hilang - atau lebih buruk, reputasi yang rusak. Memang, sebagian besar perusahaan SaaS seperti Turboly telah membangun tingkat redundansi yang solid untuk layanan pemeliharaan, tetapi bagaimana dengan kinerja, dan definisi di sekitarnya?

Baca Juga : CARA MEMILIH ERP BERBASIS CLOUD UNTUK USAHA KECIL

turboly.com