Bagaimana Perlakuan Diskon Tunai dalam Akuntansi

image

Ada dua jenis perlakuan diskon dalam akuntansi yang mungkin terjadi pada perusahaan dagang grosir/ wholesale (B2B) - diskon volume pembelian dan diskon tunai. Diskon volume pembelian terjadi saat kita jual untuk pelanggan grosir, dengan kuantiti belanja yang besar. Jenis diskon ini tidak muncul dalam catatan akuntansi atau laporan keuangan Anda secara khusus, karena biasanya harga langsung dikurangi tanpa mencantumkan diskon.

Diskon tunai adalah diskon yang diberikan kepada pelanggan sebagai insentif untuk membayar faktur dalam waktu tertentu. Khusus diskon ini harus dicatat dalam akun terpisah dalam pembukuan dan melaporkan jumlahnya pada laporan laba rugi.

Data Entry

Langkah pertama adalah mendebet akun piutang di entri jurnal dalam pembukuan dengan sesuai nilai faktur penuh dari penjualan sebelum diskon tunai. Kreditkan akun penjualan dengan jumlah yang sama di entri jurnal yang sama. Debit meningkatkan piutang, yang merupakan akun aset. Tidak seperti akun aset, pendapatan penjualan ditingkatkan dengan kredit.

Mengakui Pembayaran Pelanggan

Kurangi jumlah diskon penjualan dari jumlah faktur untuk menentukan jumlah uang tunai yang diterima saat pelanggan membayar faktur. Debit rekening kas/ Bank di entri jurnal dalam pembukuan dengan jumlah uang tunai yang diterima dari pelanggan. Debit akun diskon penjualan dengan jumlah diskon. Kreditkan akun piutang di entri jurnal yang sama dengan jumlah faktur penuh. Ini menghapus jumlah faktur dari piutang dagang.

Melaporkan Diskon

Laporkan jumlah total diskon penjualan untuk suatu periode akuntansi pada baris yang disebut “Dikurangi: Diskon Penjualan” di bawah garis pendapatan penjualan pada laporan laba rugi. Kurangi total diskon penjualan dari pendapatan penjualan kotor yang diperoleh pada periode sebelum memperhitungkan diskon. Laporkan hasil sebagai “Penjualan bersih” di bawah garis diskon penjualan di laporan laba rugi. Jumlah penjualan bersih adalah pendapatan aktual yang diperoleh setelah memperhitungkan diskon.

Baca Juga : DISKUSI:SISTEM ERP VS SISTEM AKUNTANSI TERINTEGRASI

turboly.com