Mengenal Tipe Persediaan Konsinyasi

image

Persediaan Konsinyasi adalah persediaan yang berada di toko pelanggan, tetapi secara kepemilikan masih milik supplier.

Dengan kata lain, supplier sebagai consignor akan menempatkan sebagian dari persediaannya dalam kepemilikan pelanggannya yang disebut consignee dan consignee dapat menjual langsung barang tersebut untuk mengurangi stoknya. Consignee akan dianggap membeli persediaan hanya setelah dia menjual kembali.

Manfaat utama bagi consignee adalah jelas dimana tidak harus mengkonversi modalnya dalam bentuk persediaan. Ini tidak berarti bahwa tidak ada biaya penyimpanan persediaan untuk consignee, karena tetap masih mengeluarkan biaya terkait dengan penyimpanan dan pengelolaan persediaan yang berada di toko atau gudang mereka. Jadi apa untungnya bagi supplier? Berikut ulasannya

Supplier membuat dan memiliki produk yang akan dijual kepada consignee yang akan dijual jika barang tersebut sudah dibeli oleh pembeli / end user. Dengan menitipkan barang tersebut ke consignee artinya barang atau produk tersebut menjadi lebih dekat kepada konsumen akhir. Hal ini bukan tanpa resiko bagi consignor karena mereka mempertaruhkan investasi modal yang terkait dengan persediaan sementara consignee bertanggung jawab agar produk terjual.

Model konsinyasi adalah konsep penjualan klasik yang sudah terjadi sejak lama. Sistem konsinyasi akan sangat bermanfaat dan efektif untuk :

  • Produk baru
  • Pengenalan lini produk yang ada ke channel penjualan baru.
  • Produk yang sangat mahal dengan segmen penjualan terbatas

Konsinyasi adalah solusi dari sebuah kombinasi dari tingkat ketidakpastian permintaan yang tinggi dari sudut pandang consignee, dan tingkat kepercayaan yang tinggi pada potensi penjualan dari sudut pandang consignor.

Model persediaan konsinyasi juga dapat efektif untuk barang-barang yang slow moving. Dalam situasi ini, persediaan konsinyasi memungkinkan consignor memberikan tingkat layanan yang lebih tinggi , pengiriman yang cepat, dan agar consignee tidak mendapatkan produk pengganti dari kompetitor.

Jenis - jenis persediaan konsinyasi dapat dilihat dari beberapa konsep berikut :

Model pemindahan kepemilikan

  • Bayar sesuai penjualan (waktu nyata)
  • Bayar sesuai penjualan selama periode yang ditentukan sebelumnya.
  • Kepemilikan berubah setelah jangka waktu yang ditentukan sebelumnya.

Model pelacakan sistem (consignor)

  • Ditransfer ke Gudang / fasilitas konsinyasi.
  • Hanya proses di pencatatan accounting (secara jurnal GL saja)

Berbagai model pelacakan sistem (consignee)

  • Diterima ke Gudang / fasilitas konsinyasi.
  • Hanya proses di pencatatan accounting (secara jurnal GL saja)

Baca Juga : MENGENAL 4 TIPE PERSEDIAAN

turboly.com