Plus Minus Penjualan Pre-Order

image

Apa itu Pre-Order?

Pre-order, atau pra-penjualan pada dasarnya adalah penjualan produk sebelum produk tersebut tersedia secara resmi. Produk mungkin masih dalam pengembangan, atau bahkan mungkin sudah diproduksi dan dikemas, tetapi belum ada di toko. Ini adalah cara terbaik bagi merek untuk menghasilkan dan meningkatkan arus kas untuk lambatnya pergerakan persediaan, dan untuk mendapatkan beberapa data awal tentang bagaimana suatu produk akan berkinerja setelah tersedia. Dari perspektif Pemasaran, ini adalah cara terbaik untuk menghasilkan “boom” dan membangun hype sebelum item memasuki pasar.

Pre-order dapat digunakan di hampir setiap industri - baik itu produk buatan tangan, barang bermerek mewah, atau bahkan video game. Retailer besar juga menggunakan pesanan di muka (pre-order) untuk menyesuaikan produk baru dan mengirimkannya ke banyak lokasi sesuai dengan preferensi lokal.

Keuntungan Sales Pre-Order

Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda harus mempertimbangkan pemesanan di muka untuk toko Anda:

  • Mereka mewakili jumlah pasti penjualan dalam periode waktu yang diproyeksikan; pendapatan terjamin sebelum menghabiskan sumber daya untuk memproduksi suatu produk.
  • Cara yang bagus dengan data awal. Misalnya, survei tentang permintaan di pasar sasaran tertentu memastikan kesesuaian pasar untuk menginformasikan pembelian tentang berapa banyak yang harus dibeli atau dibuat, poin harga, atau bahkan opsi warna.
  • Ide Marketing, ini juga merupakan teknik yang bagus untuk mempublikasikan produk sebelum dirislis dan ini dapat menghasilkan sensasi yang dibutuhkan untuk meningkatkan popularitas toko.

Kerugian Sales Pre-Order

Berikut adalah beberapa kelemahan menggunakan pre-order sebagai kampanye pemasaran untuk toko Anda:

  • Seperti halnya kampanye pemasaran apa pun, mereka tidak bisa menjadi strategi akhir untuk menjalankan toko Anda. Penjualan dan kuantitas produk yang dijamin tidak cukup untuk mempertahankan aliran pendapatan yang stabil.
  • Mengelola ekspektasi pelanggan. Harapan perdagangan modern adalah pengiriman cepat, yang tidak terjadi pada item yang dipesan di muka. Meskipun pelanggan Anda mungkin bersedia menunggu beberapa minggu, periode menunggu yang lama atau produk yang pada akhirnya tidak pernah dikirimkan dapat menjadi kekecewaan besar bagi pelanggan dan dapat merusak loyalitas pelanggan.
  • Secara operasional, pemesanan di muka bisa menyebalkan. Apa yang Anda lakukan adalah menjual produk yang tidak persis tersedia. Anda kemudian harus mengikuti pesanan ini sampai stok tersedia bagi Anda untuk mendorong produk agar terpenuhi.
  • Promosi Pre-Order yang panjang yang berlangsung selama berbulan-bulan, terutama selama satu tahun kalender dapat menjadi tantangan akuntansi karena Anda mengenali pendapatan sebelum produk apa pun dijual. Pastikan untuk memeriksa dengan departemen keuangan dan akuntansi Anda tentang bagaimana menangani situasi seperti ini.

Baca Juga : 5 KEMAMPUAN UTAMA YANG HARUS DIMILIKI SALES COUNTER

turboly.com