3 Manfaat Sistem ERP Membuat Speciality Retail Tetap Spesial

image

Karakteristik konsumen dimana mereka lebih menyukai toko spesialis ketika ingin membeli sesuatu yang penting. Contohnya adalah ketika membeli ban mereka akan ke toko ban, ketika membutuhkan jam tangan mereka akan datang ke toko jam tangan dan sama halnya bagi wanita yang ingin membeli perlengkapan kosmetik mereka akan mengunjungi gerai kosmetik kesayangan mereka dibandingkan pergi ke toko seperti modern supermarket yang juga menjual produk yang sama. Jadi apa yang membuat toko spesialis ini begitu istimewa? Mengapa pelanggan mengorbankan waktunya untuk datang ke toko spesialis padahal jika mereka datang ke supermarket besar juga akan mendapatkan semuanya?

Ada tiga hal yang membuat Toko spesialis ini tetap mendapatkan popularitas di kalangan konsumen :

Pertama, adalah kedalaman atau kelengkapan produk. Sementara merchandiser umum mungkin membawa semua produk yang disebutkan di atas, tapi tidak bisa menawarkan pilihan yang luas dalam setiap kategori. Sedangkan spesialis, yang hanya menjual kategori itu, dapat dan memang menawarkan rangkaian produk yang jauh lebih luas.

Kedua, keahlian staf dan pengalaman pelanggan yang mereka berikan. Jika ingin masuk ke supermarket besar, proses yang kita lakukan hanya ambil item “seadanya”, bayar dan pulang. Tetapi di toko spesialis memberikan lebih dari itu dengan pengetahuan mendalam tentang produk, minat pada tujuan pembelian konsumen, dan feedback yang mendalam, maka toko spesialis yang baik akan memberi pengalaman berbelanja yang sangat positif dan menarik.

Ketiga, toko khusus benar-benar mengenal pelanggan mereka dan membuat hubungan antara penjual dan pembeli menjadi lebih personal. Tantangan toko spesialis dalam hal ini adalah perlunya memiliki gambaran yang jelas tentang motivasi pelanggan mereka untuk membeli dan menjadikan itu ke dalam rencana pemasaran mereka.

Sistem ERP Retail Turboly menjadikan ini sebuah fitur yang membedakan khusus dari bentuk ritel lainnya. Lalu bagaimana pemilik bisnis atau top manajer dapat menerima manfaat dari Sistem ERP Speciality Retail ini?

  • Inventory Management - jika toko spesialis akan mempertahankan berbagai macam stok dalam kategorinya, mereka harus dapat melacak stok itu, memastikan tingkat perputaran yang memadai, dan mengelola persediaan untuk memastikan produk yang tepat ada di toko yang tepat di waktu yang tepat. Jika mereka memiliki beberapa toko, dan / atau kehadiran toko online, mereka akan membutuhkan Sistem ERP Retail yang memberikan informasi detail dan menyeluruh di semua cabang untuk memaksimalkan penjualan dan meminimalkan peluang yang hilang
  • Product Management - Product knowledge yang baik oleh staff penjualan akan memberikan memberikan pengalaman berbelanja yang berkesan bagi pelanggan. Untuk mendapatkan hal tersebut perlu pelatihan, dan untuk memiliki staf yang memiliki minat yang sama dengan pelanggan terhadap produk. Product Management membantu semua staff mendapatkan informasi yang siap untuk diberikan kepada konsumen seperti jenis produk, ukuran, produk substitusi, hingga promosi.
  • Reporting Mendalam - untuk mendorong strategi pemasaran yang tepat, termasuk rencana loyalitas pelanggan dan promosi, perlu benar-benar memahami pelanggan mereka. Hal ini memerlukan analisis data terperinci yang mungkin mencakup pola belanja dan belanja, dampak faktor musiman, produk mana yang dibeli bersama, dan demografi. Dengan tingkat pemahaman seperti ini, dapat membangun rencana pemasaran yang meningkatkan penjualan.

Turboly Cloud ERP membantu Anda membuat toko spesialis atau speciality store Anda menjadi lebih istimewa.

Baca Juga : 10 Fakta dan Mitos Software ERP

turboly.com