Bagaimana Mempersiapkan Budget untuk Software ERP

image

Dalam memilih Solusi ERP, budget atau anggaran harus dipertimbangkan, selain faktor lain seperti fitur yang ditawarkan, pengalaman industri, dukungan pelanggan/ after sales, dan tingkat kenyamanan hubungan dengan vendor. Untuk menentukan anggaran yang sesuai, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mencari tahu jenis solusi ERP apa yang tepat, karena ini akan menentukan fitur apa yang disertakan, berapa biaya investasi, biaya maintenance, dampak implementasinya terhadap operasional, dan layanan support/ bantuan software yang ditawarkan.

Menentukan opsi mana yang paling masuk akal akan memungkinkan untuk menyiapkan anggaran yang tepat. Dan jika tidak yakin, sebaiknya mulai berbicara dengan vendor untuk mengetahui apa yang mereka tawarkan. Berikut adalah cara menyiapkan anggaran untuk penggunaan software ERP - sistem all-in-one yang dirancang untuk menggantikan inventaris atau perangkat lunak akuntansi yang saat ini digunakan.

Tentukan Spesifikasi Kebutuhan

Langkah pertama untuk membuat anggaran software ERP adalah menentukan spesifikasi software seperti apa misalnya : berapa banyak karyawan yang akan bertindak sebagai user karena beberapa software ERP mengenakan biaya per user. Ada juga software ERP yg menetapkan harga berdasarkan jumlah produk, gudang dan volume transaksi. Untuk solusi ERP berbasis cloud, ini berarti seperti apa spesifikasi perusahaan akan mempengaruhi besarnya biaya yang harus Anda investasikan.

Apakah bisnis Anda memerlukan fungsionalitas khusus industri?

Menentukan fungsionalitas adalah area lain yang akan mempengaruhi anggaran Anda. Meskipun Software ERP akan menyertakan semua fitur mulai dari Sales atau penjualan, manajemen persediaan, keuangan dan akuntansi sebagai paket standart, beberapa vendor seperti Turboly Cloud ERP, juga menyediakan fitur khusus industri yang dapat Anda pilih untuk diaktifkan. Jenis fitur ini biasanya unik untuk industri tertentu dan oleh karena itu dapat menjadi biaya tambahan. Contoh adalah pelacakan No Serial. Pelacakan serial adalah fungsi khusus untuk perusahaan yang perlu melacak No Serial produk tertentu untuk manajemen persediaan, terkait dengan penjualan, return , claim (garansi), daln lainnya.

Apakah Anda perlu berinvestasi hardware baru?

Salah satu alasan umum mengapa perusahaan memutuskan untuk mengganti Software ERP adalah karena mereka menggunakan peralatan atau sistem yang sudah ketinggalan zaman. Jika ini masalahnya, Anda perlu menganggarkan untuk pembelian hardware selain perangkat software ERP. Ini dapat mencakup komputer, laptop, dan monitor baru, sistem operasi baru, hingga aplikasi pendukung seperti Ms Words dan Ms Excel.

Bagaimana dengan biaya implementasi?

Biaya implementasi adalah biaya satu kali yang terkait dengan training dan setup Software ERP perusahaan Anda. Biaya-biaya ini dibayar dimuka, dan merupakan bagian yang cukup signifikan dari keseluruhan biaya dan perlu dianggarkan dengan tepat. Biaya implementasi biasanya mencakup biaya pelatihan, pengaturan dan konfigurasi sistem, dan migrasi data. Namun, banyak vendor berbeda dalam layanan implementasi yang mereka sediakan, dan mungkin tidak memberikan tingkat pelatihan atau migrasi data yang sama.

Ingat, memilih Software ERP all-in-one untuk bisnis Anda akan menjadi salah satu keputusan bisnis terbesar yang Anda buat. Dan memang demikian, sebagai solusi yang tepat akan dapat merampingkan operasi di perusahaan, mengotomatiskan proses dan menghilangkan posting data manual dan kesalahan manusia yang terkait dengan melakukannya. Pastikan Anda menganggarkan dengan tepat untuk solusi ERP, menggunakan informasi di atas sebagai panduan.

Baca Juga : Fitur Utama Software ERP Retail

turboly.com