Fitur Utama Software ERP Retail

image

Bisnis ritel di semua jenis industri dituntut untuk dapat memenuhi kebutuhan pelanggan yang beragam. Terlepas dari ukuran besar atau kecil bisnis ritel, perusahaan ritel akan menghadapi cukup banyak tantangan baik dari sisi produk, layanan purna jual, dan lainnya. Software ERP ritel membantu perusahaan ritel mengidentifikasi berbagai tantangan , dan membantu bisnis dalam mempersiapkan proses standar untuk melewati semua tantangan dalam satu platform.

Dengan banyaknya opsi solusi ERP yang tersedia, maka memilih software ERP ritel yang sesuai dengan bisnis merupakan tantangan lain. Kami telah membuat daftar 8 fitur paling utama untuk yang harus dimiliki oleh Software ERP Ritel untuk membantu menentukan Software ERP Ritel mana yang sesuai dengan jenis industrinya.

Multi Store & Warehouse

Dalam bisnis ritel, pergerakan barang terjadi sangat cepat dari gudang ke toko atau dari toko ke toko untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Sistem inventory yang efisien akan mengotomatiskan seluruh proses dan secara substansial mengurangi kesalahan persediaan yang mungkin terjadi, jika dilakukan secara manual. Software ERP ritel yang memiliki produk manajemen yang baik akan mendukung penggunaan fungsi barcode atau QR code disetiap produk. Jika ini diaplikasikan untuk mendukung inventory management maka penghitungan stok dan pelacakan pergerakan stok, manajemen pembelian dan pesanan penjualan, akan bisa menghemat waktu dan meningkatkan kecepatan pelayanan.

Melacak Persediaan Secara Real-Time

Inventory Management yang efektif menghasilkan pergerakan stok secara konsisten, kontrol kualitas, perencanaan perpindahan stok yang baik dapat mengatasi kehilangan atau kerusakan stok. Menerapkan software ERP dengan modul manajemen inventory akan memberikan informasi detail secara real-time dan akurat, di semua lokasi penyimpanan. Hal ini memungkinkan manajemen untuk dengan mudah melacak produk yang paling laku, mengidentifikasi trend, dan melakukan penghitungan forecast yang akurat.

Penanganan Produk yang Tepat

Menampilkan perpaduan produk yang tepat di toko ritel mendorong pelanggan membeli lebih banyak dan dengan demikian meningkatkan penjualan. Sistem ERP ritel dengan fitur manajemen produk yang efisien akan membantu mengoptimalkan tata letak toko, menentukan di mana harus menempatkan produk, dan melacak pengaturan dengan cara yang jauh lebih mudah.

Penentuan Harga dan Promosi

Harga dan diskon akan sangat dinamis. Ini adalah bagian dari strategi penjualan untuk menarik pelanggan, bisnis ritel menyiapkan berbagai struktur harga dengan berbagai diskon dan lainnya. Untuk mempertahankan harga dan diskon yang dinamis, Software ERP Ritel dengan cerdas yang mendukung fitur ini. Software ERP ritel dengan fitur penetapan harga dinamis akan berhasil melacak dan memperbarui harga atau penawaran yang tersedia pada produk di banyak toko serta mengelola permintaan yang berbeda pada kategori produk yang sama. Ini akan memungkinkan untuk mengelola harga dan penawaran berdasarkan lokasi, pelanggan, dan penawaran khusus produk yang akan membuat pelanggan senang.

Sistem POS

Sistem POS mengotomatiskan proses penjualan dan mencatat detail setiap transaksi penjualan. Ini menghilangkan risiko kesalahan pencatatan penjualan dan kesalahan lain yang disebabkan oleh input data manual. Software ERP retail memiliki Sistem POS, membuat transaksi penjualan mudah dan cepat, yang dapat mengurangi waktu tunggu pelanggan dalam menyelesaikan pembeliannya. Semua transaksi segera diperbarui di sistem ERP pusat, memberikan wawasan penjualan dan pendapatan secara real-time kepada manajemen di semua lokasi toko.

Program Loyalitas Pelanggan

Program penghargaan dan loyalitas meningkatkan kesetiaan pelanggan dan meningkatkan retensi pelanggan, dan karenanya dengan meningkatkan penjualan. Software ERP ritel dengan fungsi loyalitas pelanggan akan memberikan informasi berbagai tipe pelanggan, dari pelanggan baru hingga pelanggan loyal termasuk untuk mengidentifikasi melihat riwayat belanja mereka, dan mengetahui preferensi mereka.

Retur Penjualan

Retur tidak bisa dihindari di sebagian besar bisnis ritel. Ini berarti Software ERP Ritel harus cukup fleksibel untuk mendukung beberapa proses pengembalian. Sistem ERP dengan fitur retur penjualan memudahkan proses menerima kembali produk yang dikembalikan ke gudang untuk dijual kembali. Jika produk rusak atau cacat, maka tempatkan barang tersebut ke lokasi khusus di mana barang tersebut akan ditinjau atau dibuang seluruhnya, jika diperlukan.

Implementasi ERP adalah proses yang kompleks dan membutuhkan pemahaman yang kuat. Turboly Cloud ERP dapat menjadi pilihan terbaik dan ideal untuk perusahaan ritel dengan berbagai keunggulan fiturnya untuk meningkatkan dan mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan.

Baca Juga : MENGAPA TOKO HANDPHONE MEMBUTUHKAN SISTEM ERP?

turboly.com