Mengenal Sistem ERP Custom dan Resikonya

image

Custom sistem ERP adalah salah satu pilihan atau opsi yang dapat diambil jika suatu perusahaan menginginkan sistem yang sesuai dengan kebutuhan mereka tanpa bisa ditawar lagi. Custom Sistem ERP artinya membangun sebuah fungsi yang tidak terdapat pada software ERP yang akan digunakan. Diperlukan partner developer ERP yang berpengalaman agar dapat membantu dalam membangun customization ini. Kustomisasi sebuah software ERP bukan merupakan pekerjaan yang mudah, dengan tingkat resiko kegagalan yang tidak rendah pula. Partner developer wajib memiliki keahlian teknikal dan pengetahuan produk yang mendalam serta pemahaman bisnis proses yang baik, karena kustomisasi juga berarti memiliki keunikannya masing-masing bagi tiap solusi untuk setiap kebutuhan.

Kustomisasi Sistem ERP dapat memperbaiki “kekurangan” dan membuat Sistem ERP sempurna yang sesuai dengan kebutuhan bisnis dengan tepat dan sesuai. Namun, bukan hal yang mudah untuk menciptakan kesempurnaan ini. Selain partner developer yang kompeten, perusahaan yang bertindak sebagai pengguna wajib menentukan PIC yang memiliki keahlian menerjemahkan setiap masalah dan solusi apa yang diinginkan kepada partner developer sebagai acuan mereka saat merancang sebuah sistem dan mulai mengembangkannya. Transaksi harus mengalir dengan lancar dan memperbarui beberapa tabel. Setiap transaksi harus divalidasi dan dengan tingkat keamanan lainnya yang menjaga semua data tetap mengalir sehingga dapat dihasilkan sebuah output dan laporan secara konsisten. Kustomisasi tetap harus mengikuti aturan validasi, mengabaikan hal ini akan berisiko merusak data yang dimasukkan dalam transaksi khusus tertentu dan data lain yang dimasukkan sebelumnya atau setelah transaksi.

Salah satu risiko yang harus dipertimbangkan adalah bahwa semua sistem ERP dirancang oleh partner developer untuk memberikan solusi terbaik dari permasalahan yang ada. Kustomisasi juga lebih sulit untuk dipertahankan. Jika kustomisasi tidak memenuhi beberapa kebutuhan di masa mendatang, kustomisasi lebih lanjut akan diperlukan. Jika kustomisasi ternyata tidak memuaskan dan memenuhi kebutuhan dimasa mendatang, maka partner developer ERP bisa saja lepas tangan untuk tidak memberikan dukungan pengembangan artinya perlu mencari partner developer lain atau bahkan yang terburuk mengganti sistem yang sudah ada. Kustomisasi dapat menyebabkan masalah jika tidak mendapatkan layanan bantuan yang baik.

Sebuah Sistem ERP yang di-Kustomisasi wajib mempertahankan proses yang inginkan, tetapi kustomisasi mungkin tidak diperlukan sama sekali. Sistem ERP sebenarnya sangat fleksibel. Solusi ini dapat bekerja untuk berbagai macam bisnis. Custom Sistem ERP bukanlah hal yang tabu, tapu cermatlah dalam berinvestasi kustomisasi sistem ERP.

Baca Juga : Fitur Utama Software ERP Retail

turboly.com