Software ERP Grosir Distribusi

image

Usaha Distributor memerlukan sistem untuk membantu mengelola bisnis distribusi. Dalam bisnis distribusi jika dijalankan secara manual akan kesulitan dalam melacak informasi, persediaan atau stok tidak pernah akurat atau mungkin karyawan membuat banyak kesalahan saat mengirimkan produk yang salah dari gudang. Apakah ada sistem yang tersedia untuk bisnis grosir? Semua pertanyaan ini dan lainnya penting untuk membantu menemukan solusi yang tepat untuk mengelola bisnis grosir distribusi. Menerapkan sistem baru, tujuannya adalah untuk mengotomatiskan proses, mengurangi pekerjaan manual, merampingkan operasi, dan pada akhirnya, mengembangkan bisnis.

Untuk membantu menentukan software ERP Grosir Distribusi ikuti langkah-langkah berikut :

  • Review proses bisnis yang ada untuk menentukan fungsionalitas apa yang dibutuhkan
  • Tetapkan budget - tingkat software ERP apa yang sesuai dan gambaran biaya yang realistis
  • Pastikan jika ada proses yang membutuhkan kebutuhan yang unik atau khusus industri
  • Riset beberapa solusi software ERP dan minta rekomendasi dari kolega.
  • Temui minimal 5 vendor Software ERP untuk mendapatkan opsi solusi yang terbaik.
  • Jangan terburu-buru.

Review proses bisnis yang ada untuk menentukan fungsionalitas apa yang dibutuhkan

Tidak hanya mengevaluasi bagaimana bisnis berjalan saat ini, tetapi juga mengidentifikasi kelemahan, dan area di mana dibutuhkan perbaikan.

Tetapkan budget - tingkat software ERP apa yang sesuai dan gambaran biaya yang realistis

Untuk menetapkan anggaran dengan benar, terlebih dahulu menentukan tingkat software ERP seperti apa yang sesuai untuk bisnis Anda. Pelajari tentang perbedaan antara menggunakan software akuntansi dengan proses manual dan solusi ERP all-in-one. Pastikan menghitung berapa banyak investasi yang dibelanjakan, apakah pekerjaan manual dapat dikurangi, dengan solusi software ERP yang tepat? Tentukan budget dengan realistis dan jangan selalu terpaku dengan harga murah.

Pastikan jika ada proses yang membutuhkan kebutuhan yang unik atau khusus industri

Apakah operasional bisnis perlu solusi khusus, atau apakah ada sistem yang dirancang untuk bisnis grosir? Misalnya, bisnis grosir yang berurusan dengan produk farmasi akan memiliki kebutuhan yang sangat berbeda dari bisnis grosir yang menjual barang elektronik.

Riset beberapa solusi software ERP dan minta rekomendasi dari kolega

Meskipun mungkin Anda memiliki pengalaman dengan Software ERP, penting untuk tetap melakukan riset dan mempertimbangkan untuk mempelajari solusi lain berdasarkan informasi yang ditemukan dari Google misalnya dan rekomendasi dari kolega Anda. Software ERP dengan nama besar belum tentu sesuai dengan bisnis Anda, maka dari itu proses pertama tetap sangat penting.

Temui minimal 5 vendor Software ERP untuk mendapatkan opsi solusi yang terbaik

Mencoba mengevaluasi minimal 5 vendor ERP dapat informasi sebanyak-banyaknya. Selain itu Anda juga bisa mendapatkan gambaran perbandingan antara satu Software dengan yang lainnya. Meskipun melelahkan, namun informasi yang dihasilkan bisa sangat mempengaruhi keputusan Anda.

Jangan terburu-buru

Pencarian Software ERP yang tepat akan sangat melelahkan, terkadang ingin segera selesai dan menentukan. Jika Anda mulai lelah, ingatlah jika menggunakan software ERP akan berlangsung dalam jangka panjang, maka jangan terburu-buru dalam membuat keputusan.

Baca Juga : Fitur Utama Software ERP Retail

turboly.com