Pentingnya Kebijakan Retur Penjualan

image

Kebijakan Retur merupakan faktor penting dalam keputusan pembelian oleh customer. Oleh karena itu, memiliki kebijakan retur yang baik, jelas dan mudah adalah kunci untuk menarik - dan mempertahankan loyalitas pelanggan.

Kebijakan retur adalah cara bisnis yang baik untuk penjualan offline di toko, dan penting untuk penjualan online. Terutama bagi saat penjualan online dimana customer tidak dapat melihat dan memegang produk fisik sebelum mereka membelinya. Jadi, kemudahan dalam proses retur merupakan salah satu faktor yang penting.

Dulu, jaminan uang kembali adalah cara bagi retailer untuk mendukung produk yang mereka jual. Pesan dasarnya adalah, “Jika karena alasan jika tidak menyukai produk yang dijual bisa dikembalikan dengan nilai penuh dari harga yang dibayarkan. Selain itu hal ini adalah bukti bahwa retailer menjamin kualitas produk yang mereka jual. Dengan demikian, kebijakan retur dapat dianggap sebagai salah satu strategi pemasaran dalam bisnis ritel.

Kebijakan retur yang simple dan jelas memberi customer perasaan aman, bahwa apa yang mereka beli dijamin memiliki kualitas baik. Jika retailer tidak memberikan jaminan ini, maka customer seringkali menjadi curiga dan menghindari membeli produk tersebut.

Dengan bantuan Sistem ERP Ritel kita dapat melacak proses retur penjualan di toko untuk memastikan bahwa produk adalah benar-benar produk yang pernah dijual. Hal ini sangat membantu untuk menghindari penipuan oleh customer yang mengembalikan barang yang sebenarnya tidak dijual di toko.

Karena pentingnya kebijakan retur yang jelas bagi customer maka mendorong retailer untuk membuat kebijakan retur yang adil, jelas di semua lokasi penjualan baik offline maupun online. Tidak ada salahnya membuat kebijakan retur memiliki perjanjian bersyarat, seperti batas waktu, yang harus didefinisikan dengan jelas dan dinyatakan pada saat pembelian. Customer harus tahu bahwa mereka memiliki waktu 30 hari untuk memutuskan apakah suatu produk memenuhi kebutuhannya atau apakah toko mengenakan biaya retur ketika suatu barang dikembalikan.

Kebijakan retur ritel yang pasti dapat membantu meningkatkan penjualan karena yang sangat besar mempengaruhi psikologis customer. Customer masih melihat kemudahan retur sebagai jaminan yang mencerminkan kualitas produk yang mereka jual.

Baca Juga : PENGALAMAN MENGUNTUNGKAN UNTUK BISNIS RITEL

turboly.com