image

4 dari Strategi Penetapan Harga Grosir

Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi perusahaan grosir dan distribusi adalah memilih strategi penetapan harga yang tepat. Keputusan yang dibuat terkait harga dapat membuat atau menghancurkan bisnis. Tetapkan harga barang terlalu rendah, dan berisiko kehilangan modal atau bisnis. Di sisi lain, jika menetapkannya terlalu tinggi, akan berisiko kehilangan pelanggan karena kompetitor.

Jadi, bagaimana menetapkan harga grosir?

Untuk menghindari kegagalan dalam menjalankan bisnis, berikut adalah empat strategi harga grosir terbaik yang dapat digunakan :

  • Absorption Pricing
  • Demand pricing
  • Competitive Pricing
  • Geographical Pricing

1. Absorption Pricing

Penetapan harga penyerapan adalah metode penetapan harga dimana harga produk memperhitungkan semua biaya variabel yang terkait dengan suatu produk serta proporsi biaya tetap saat menentukan harganya. Ini juga disebut "penyerapan" karena semua biaya diserap dalam harga akhir produk. Ini adalah variasi dari konsep harga harga penuh.

2. Demand Pricing

Penetapan harga permintaan, juga disebut penetapan harga berbasis pelanggan, adalah strategi yang memanfaatkan permintaan konsumen saat ini terhadap suatu produk untuk menentukan harga jualnya. Dalam metode ini, permintaan konsumen mengacu pada bagaimana pelanggan Anda memandang nilai produk Anda.

3. Competitive Pricing

Metode ini adalah penetapan harga berdasarkan berapa banyak pesaing mengenakan biaya untuk jenis produk yang sama. Tiga pendekatan harga berada di bawah harga kompetitif.

4. Geographical Pricing

Penetapan harga geografis adalah penyesuaian harga suatu produk berdasarkan lokasi pembeli. Ada beberapa jenis harga geografis

Kesimpulan

Tidak peduli pendekatan penetapan harga mana yang diputuskan untuk diterapkan, penting untuk memahami biaya yang terlibat dalam pembuatan produk. Ini untuk memastikan bahwa tahu seberapa rendah harga produk dan mencegah penetapan harga mengakibatkan kerugian.

Jika perusahaan menjual lebih dari satu jenis produk, merumuskan strategi harga grosir yang berbeda bisa jadi sulit. Ini bisa menjadi proses yang sangat rumit untuk mengelola semua harga untuk produk dan pelanggan yang berbeda. Perlu bantuan dalam mengelola harga produk atau daftar harga pelanggan yang spesifik? Turboly Cloud ERP adalah Software ERP berbasis cloud yang akan membantu mengotomatiskan dan mempermudah pengelolaan harga pelanggan. Menghemat waktu dengan mudah mengelola harga khusus pelanggan dengan mudah menggunakan fitur Price Tracking kami yang canggih.

Baca Juga : MENGAPA HARGA MURAH DAPAT MENAKUTKAN PELANGGAN?

www.turboly.com