image

Pelacakan Nomor Serial pada Inventory

SKU (Stock Keeping Unit) membantu mengidentifikasi dan melacak item tertentu serta membantu pengecer mengontrol kuantitas produk. Di sisi lain, ada produk-produk tertentu yang tidak hanya memiliki SKU namun juga memiliki nomor seri melacak masing-masing item, meskipun terlihat serupa, namun produk-produk ini memiliki identitas urutan angka yang unik.

Nomor seri merupakan cara produsen untuk melindungi diri mereka sendiri dari pembajakan. Nomor Seri juga membantu konsumen dan retailer dalam proses persyaratan garansi dan melacak produk curian. Berbagai macam produk terutama elektronik memiliki nomor seri, seperti Ponsel, AC, TV dan lain sebagainya.

Bagaimana Nomor Seri Dibuat, Direkam, dan Dilacak Dalam Rantai distribusi?

Nomor seri dibuat oleh produsen produk. Sasarannya adalah untuk memastikan setiap riwayat item dapat diidentifikasi selama perjalanan melalui rantai distribusi dan di antara konsumen akhir.

Jika semua produsen mempraktikkan integrasi vertikal (praktik bisnis yang mengendalikan semua langkah dalam rantai pasokan seperti distribusi dan ritel) maka ini akan menjadi proses yang relatif mudah. Semua divisi akan menggunakan sistem yang sama dan nomor seri item akan diambil di setiap tahap.

Pada kenyataannya, sebagian besar perusahaan tidak mengejar integrasi vertikal. Meskipun bisa sangat berharga, integrasi vertikal menantang untuk dijalankan dan sulit untuk dibalik. Sebaliknya, sebagian besar perusahaan bekerja dengan mitra rantai pasokan hulu dan hilir untuk memperoleh nilai dari produk mereka.

Akibatnya, setiap mitra (misalnya, distributor & grosir, fasilitas pergudangan, ritel) membutuhkan sistem untuk mencatat nomor seri secara akurat. Hal ini memastikan bahwa mereka dapat mengelola acara mahal seperti penarikan kembali sambil membatasi eksposur ke bisnis mereka.

Industri Mana Yang Paling Mendapat Manfaat Dari Pelacakan Nomor Seri Persediaan?

Beberapa industri lebih sensitif terhadap pelacakan nomor seri produk daripada yang lain. Dalam industri ini, kemampuan untuk membedakan unit berdasarkan sejarah mereka sangat penting untuk layanan pelanggan yang berkualitas dan mempertahankan nilai bisnis.

Gudang yang dapat melacak nomor seri tidak hanya pada satu tahap proses gudang mereka, tetapi secara keseluruhan, dapat mengukir ceruk spesialis dan perusahaan tanah dari industri ini sebagai pelanggan.

Pelacakan Nomor Seri Persediaan di Industri Elektronik

Nomor seri memainkan peran utama dalam industri elektronik. Nomor seri membantu produsen elektronik, grosir, dan pengecer melacak produk yang rusak dan mengidentifikasi komponen tertentu dari produk yang rusak.

Misalnya, Hanphone/ ponsel yang rusak mungkin bukan kesalahan produsen. Pada kenyataannya, itu bisa jadi karena komponen yang salah dari pemasok layar ponsel.

Nomor seri persediaan juga memungkinkan produsen melacak informasi garansi. Tanpa pelacakan nomor seri yang tepat, bisnis akan kehilangan uang dengan menyediakan layanan gratis pada produk dengan jaminan kedaluwarsa. Sebaliknya, mereka dapat membahayakan pengalaman pelanggan dengan menolak memberikan layanan untuk produk dengan garansi yang valid.

Pelacakan Nomor Seri Persediaan di Industri Otomotif

Ketertelusuran adalah fungsi penting dari rantai pasokan otomotif. Ini memungkinkan semua pemain hilir untuk melacak asal dan sub-perakitan suku cadang komponen mobil.

Secara alami, nomor seri merupakan bagian integral dari penelusuran. Bahkan, para pelaku industri menganggap ada baiknya memasang nomor seri pada puluhan ribu kemungkinan suku cadang.

Meskipun industri otomotif terkenal dengan integrasi vertikalnya, hal itu tidak sepenuhnya menjadi masalah dalam hal suku cadang. Berfokus pada metode dan teknologi yang disempurnakan untuk pelacakan nomor seri persediaan untuk suku cadang komponen dapat membantu gudang atau bisnis 3PL Anda mendapatkan tipe pelanggan baru.

Baca Juga : 3 Manfaat Sistem ERP Membuat Speciality Retail Tetap Spesial

www.turboly.com