Tips Mengelola Persediaan Dalam Jumlah Besar

image

Mengelola persediaan dalam jumlah besar merupakan tugas penting dalam bisnis retail. Software Inventory Management menyediakan banyak fitur untuk mengelola, melacak, dan mengoreksi persediaan. Dengan Software Inventory Management secara teratur melacak dan mengoreksi stok fisik Anda agar sesuai dengan kondisi sebenarnya. Solusi software inventory management ritel ini tidak hanya melacak persediaan secara akurat tetapi juga menjaga lokasi fisik produk di toko / gudang, sehingga sangat nyaman bagi untuk mendapatkan informasi stok produk dengan sangat cepat dan akurat.

Audit Persediaan

Sistem Inventory Management menghasilkan hasil audit lengkap dari setiap pergerakan stok dalam sistem. Setiap aktivitas pergerakan stok memiliki dokumen dalam sistem pengendalian stok yang dapat digunakan untuk pelaporan persediaan. Fitur ini membantu untuk mengidentifikasi ketidaksesuaian jika ada antara stok fisik dan stok dalam sistem. Jika sebuah bisnis ritel tidak memiliki validasi stok fisik secara teratur akan rentan akan terjadinya penyimpangan.

Mengelola Gudang di Berbagai Lokasi

Sistem Inventory Management ini memungkinkan Anda untuk menentukan lokasi fisik setiap produk di setiap gudang. Sistem Inventory Management memiliki fleksibilitas dan kemudahan untuk memindahkan stok dari satu gudang ke gudang lainnya dengan catatan historis yang lengkap. Jika lokasi antar gudang berbeda maka Sistem Inventory Management akan mencatat stok dalam perjalanan (in transit) sebelum sampai ke gudang tujuan. Kerusakan atau kehilangan barang selama transit dapat dengan mudah dilacak.

Laporan Persediaan di berbagai level

Dalam bisnis ritel, sangat dibutuhkan dalam mengelola dan mengontrol stok untuk dapat melihat informasi stok dalam berbagai hirarki. Misalnya berdasarkan lokasi, berdasarkan kategori produk, warna hingga laporan stok gabungan di semua lokasi gudang dan toko. Sistem inventory management menyediakan laporan stok persediaan dalam berbagai variasi dan digabungkan dengan fitur analisis data dalam software database stok persediaan yang dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi bisnis.

Pencatatan Akuntansi Persediaan

Pencatatan Akuntansi persediaan terkait erat dengan nilai berdasarkan HPP dan jumlah stok. Sistem Akuntansi persediaan ini memungkinkan untuk menentukan stok awal setiap produk di setiap gudang beserta nilainya pada setiap periode. Sistem akuntansi persediaan untuk toko ritel ini juga menawarkan berbagai cara untuk menghitung nilai stok Anda yang akan dipertimbangkan saat menyiapkan neraca dan laporan laba rugi. Menghitung nilai stok Anda baik dengan metode rata-rata (average), FIFO, LIFO hingga nilai pasar tergantung pada metode yang digunakan.

Sistem Inventory Turboly memberikan kemudahan dalam mengelola stok dalam jumlah besar di berbagai lokasi.

Baca Juga : BAGAIMANA INVENTORY MEMPENGARUHI ARUS KAS

turboly.com