Apa Metode Persediaan Ritel?

image

Metode persediaan ritel adalah sebuah konsep dari akuntansi persediaan konvensional yang memungkinkan untuk memperkirakan nilai akhir persediaan dalam periode waktu tertentu dengan cara menjumlahkan semua harga barang ritel. Waktu untuk menjalankan penghitungan ini bergantung pada waktu pembelian dan periode akuntansi-nya.

Keuntungan utama dari metode persediaan ritel terletak pada konsepnya yang sederhana. Dengan metode persediaan yang digunakan akan memberikan data dan informasi nilai dari jumlah persediaan yang tersedia yang kemudian dapat menjadi acuan untuk pengambilan sebuah keputusan terkait budgeting dan pembelian.

Perlu diingat, metode persediaan ritel hanya memberikan perkiraan nilai, dan bukan merupakan representasi akurat tentang berapa banyak persediaan yang tersedia sebenarnya. Metode persediaan ritel tidak berfungsi dengan baik untuk perusahaan ritel yang tidak memiliki rasio biaya perolehan barang yang konsisten. Jika margin keuntungan atas satu produk berbeda dari setiap pembelian maka metode persediaan ritel ini tidak akan memberikan perhitungan yang akurat.

Lalu siapa sajakah yang bisa menerapkan metode persediaan ritel ini?

Toko Ritel Dengan Banyak Cabang

Metode persediaan ritel cocok untuk [toko ritel]( yang memiliki banyak cabang yang membutuhkan informasi singkat mengenai persediaan. Untuk memperkirakan dengan cepat berapa banyak persediaan yang tersedia, metode persediaan ritel bisa menjadi cara yang tepat.

Retailer yang Memiliki Stok di Gudang

Teknik ini juga bekerja dengan baik untuk retailer yang ingin tahu berapa banyak persediaan yang tersedia di gudang. Berbeda dengan toko retail yang rasio cost-to-retail-nya lebih fluktuatif (karena penjualan / diskon), biaya produk yang disimpan di gudang relatif konsisten, sehingga formula metode persediaan retail akan memberikan hasil yang lebih akurat.

Retailer yang Markup Harga Secara Konsisten

Sekali lagi, metode persediaan ritel bekerja paling baik untuk bisnis yang menjual produk yang memiliki rasio biaya-ke-ritel yang konsisten. Ini berarti markup harga seluruh produk harus cukup mirip. Dengan membeli produk dengan harga yang sama telah menambahkan markup yang sama untuk semua atau sebagian besar produk, metode persediaan ritel adalah penghitungan yang baik untuk dijalankan.

Kapan menerapkan metode persediaan ritel?

Waktu untuk menjalankan penghitungan ini bergantung pada jadwal pembelian, akuntansi, dll. Perlu dapat mempertimbangkan untuk melakukannya setiap bulan, setiap tahun, atau kapan pun sesuai dengan kebijakan. Namun, metode persediaan ritel tidak disarankan untuk digunakan jika kondisi pasar sedang tidak stabil, dimana harga berfluktuasi dengan cepat

Baca Juga : Tips Mengelola Persediaan Dalam Jumlah Besar

turboly.com