image

SISTEM ERP MEMBUAT LAPORAN KEUANGAN MENJADI SEDERHANA

Dalam sebuah perusahaan, laporan keuangan memiliki standar yang khusus sesuai dengan ketentuan. Sistem Enterprise Resource Planning (ERP) menyediakan hasil laporan keuangan dengan standar sesuai dengan ketentuan perusahaan.

Laporan keuangan dibutuhkan oleh manajemen suatu perusahaan untuk menilai kinerja perusahaan dalam periode tertentu. Hal ini diperlukan agar manajemen mendapatkan informasi untuk dapat mengambil keputusan yang lebih baik membutuhkan kemampuan pelaporan yang kuat dari sistem operasional bisnis.

Berikut adalah lima cara memiliki sistem ERP yang kuat menyederhanakan pelaporan dan membantu manajemen mengambil keputusan yang tepat:

1. Sumber Data Akurat

Angka-angka keuangan tidak berbohong, tetapi mengumpulkan angka-angka yang tepat rentan terhadap kesalahan. Perusahaan yang masih menggunakan cara kerja manual sangat rentan disalahgunakan oleh oknum yang ingin mengambil keuntungan. Memiliki dan menggunakan sistem ERP dapat menghindarkan perusahaan dari kesalahan dan dapat meningkatkan kewaspadaan.

2. Standard Chart of Account (COA)

Dengan cara kerja yang masih manual, perusahaan yang memiliki unit bisnis di berbagai lokasi akan saling berbagi data menggunakan excel secara manual. Sistem ERP akan memusatkan dan menstandarkan COA, untuk mendapatkan pelaporan yang akurat. Sistem ERP secara efisien mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk penyusunan sebuah laporan hingga proses konsolidasinya.

3. Pelaporan Mandiri

Memiliki manajer membuat dan menjalankan laporan mereka sendiri dari data keuangan menghemat waktu dan tenaga setiap orang, dan menggunakan sistem ERP keuangan memungkinkannya. Tentu, perusahaan harus membeli dan menerapkan sistem intelijen bisnis dengan alat yang mudah digunakan, tetapi keuntungan efisiensi jauh lebih besar daripada biayanya. Tanpa sistem ERP, pelaporan mandiri tidak mungkin dilakukan.

4. Pelaporan Eksternal

Regulator dan auditor eksternal lainnya tidak mendapatkan akses ke sistem ERP tetapi membutuhkan data dari satu sumber.

5. Konsolidasi Menjadi Lebih Mudah

Database ERP hanyalah salah satu sumber data untuk pelaporan perusahaan. Seringkali, data perlu digabungkan dengan data lain untuk menghasilkan laporan yang lebih lengkap. Itu tidak layak atau dapat diandalkan untuk perusahaan yang tidak memiliki sistem ERP.

Baca Juga : Laporan Akuntansi yang DIhasilkan Software ERP

www.turboly.com