Perbedaan Business Opportunities dengan Franchise

image

Peluang bisnis dan waralaba/ franchise adalah dua cara memulai bisnis tanpa harus memulai dari awal. Meskipun serupa, dan memiliki banyak fitur yang tumpang tindih, mereka memiliki perbedaan yang harus diakui.

Mencari tahu jenis usaha wirausaha mana yang tepat untuk kebutuhan dan tujuan pribadi Anda adalah bagian penting dari proses penelitian yang harus mendahului keputusan lain.

Peluang bisnis

Peluang bisnis didefinisikan sebagai penjualan atau penyewaan produk, layanan, peralatan, dll. Yang memungkinkan pembeli memulai bisnis.

Waralaba didefinisikan sebagai hak atau lisensi yang diberikan oleh suatu perusahaan (pemberi waralaba) kepada individu atau kelompok (penerima waralaba) untuk memasarkan produk atau jasanya di wilayah tertentu.

Risiko Keduanya

Karena peluang bisnis tidak diatur sedekat waralaba, pengusaha secara pribadi harus mengambil tindakan pencegahan untuk menghindari penipuan.

Memilih yang Tepat

Singkatnya, semua waralaba adalah peluang bisnis, tetapi tidak semua peluang bisnis adalah waralaba.

Kedua pendekatan untuk melakukan investasi bisnis ini cocok bagi mereka yang tidak memiliki produk atau layanan unik untuk ditawarkan ke pasar, tetapi tetap ingin menjalankan bisnis. Faktor pembeda terbesar antara keduanya adalah seberapa besar dukungan yang Anda inginkan.

Jika Anda hanya mencari langkah awal dan menginginkan lebih banyak fleksibilitas, peluang bisnis mungkin adalah jalan yang tepat untuk Anda. Jika Anda mencari dukungan yang konsisten, dan dapat menangani lebih banyak batasan (atau menginginkan lebih banyak panduan) dalam prosedur bisnis Anda, waralaba mungkin merupakan jalan yang tepat untuk Anda.

Sistem/Metode Operasional

Tentunya segala paket usaha atau sistem yang ada pada waralaba lebih terstruktur. Kelangsungan usaha seperti sistem pemasaran biasanya bersifat terpusat atau sudah disediakan oleh franchisor. Dalam BO, Anda bebas berkreasi menjalankan dan memasarkan usaha karena tidak mencakup segala aspek secara general.

Penggunaan HAKI

Tentunya dalam wirausaha, seorang franchisee menggunakan HAKI yang telah ada, sedangkan dalam BO, dapat menggunakan merek milik sendiri.

Baca Juga : 4 Alasan Mengapa Industri Waralaba Dapat Bertahan di Saat Sulit

turboly.com