Perbedaan Product Code dan SKU

image

Apa itu kode produk?

Kode produk adalah kode yang dicetak pada kemasan produk ritel untuk membantunya diidentifikasi. Ada dua bagian yang membentuk Kode produk: barcode yang dapat dibaca mesin (yang merupakan rangkaian batang hitam) dan nomor unik 12 digit yang terletak di bawah barcode.

Apa tujuan Kode produk? Kode produk memudahkan untuk mengidentifikasi produk berdasarkan nama, jenis barang, ukuran dan warnanya saat dipindai di kasir. Mereka awalnya dibuat untuk mempercepat pembayaran di toko bahan makanan, tetapi sekarang ini juga biasa digunakan untuk membantu melacak persediaan di toko eceran dan gudang.

Keuntungan dari Kode produk

Ada beberapa keuntungan, baik untuk bisnis maupun konsumen, untuk menggunakan Kode produk. Karena Kode produk membantu pemindai barcode mengidentifikasi produk dan biayanya, Kode produk membantu meningkatkan kecepatan checkout. Mereka secara efektif menghilangkan kebutuhan untuk memasukkan informasi produk secara manual.

Kode produk juga meningkatkan pelacakan dan manajemen persediaan. Mereka membantu pedagang mengetahui kapan mereka perlu menyimpan lebih banyak produk tertentu baik di rak mereka atau di gudang mereka lebih banyak.

Jika pernah ada masalah dengan suatu produk, Kode produk juga membantu pedagang menemukan pelanggan yang membeli produk tersebut, menghubungi mereka, dan mengeluarkan penarikan kembali.

Kode produk vs. SKU

Mari kita bahas tentang perbedaan antara Kode produk dan unit penyimpanan stok (SKU). Meskipun memiliki beberapa kesamaan, keduanya bukanlah hal yang sama.

Kode produk adalah kode produk universal; ini dimaksudkan untuk mengidentifikasi produk di mana pun produk itu dijual. Misalnya, jika Anda membeli kaos secara online atau melalui pengecer lokal yang juga menjual produk yang sama, kaos tersebut akan memiliki Kode produk yang sama.

Namun, SKU adalah kode persediaan produk internal yang unik dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya. Jika Anda membandingkan SKU dari produk yang sama di dua toko yang berbeda, Anda akan melihat bahwa keduanya berbeda.

Jika Anda bingung apakah Anda sedang melihat Kode produk atau SKU, simbol Kode produk adalah label barcode atau barcode di bagian belakang produk, sedangkan SKU biasanya ditemukan pada harga rak unik toko.

Jika Anda mencoba mencari produk secara online, menggunakan Kode produk produk akan membantu Anda menemukannya di banyak pengecer, sedangkan SKU hanya akan menemukan produk menggunakan SKU tertentu.

Kode produk dapat bermanfaat bagi supplier dan produsen untuk melacak persediaan yang mereka jual ke pedagang eceran yang berbeda, sedangkan SKU berguna bagi pedagang untuk melacak dan mengelola persediaan mereka dengan cara yang unik untuk bisnis mereka.

Baik SKU dan Kode produk menguntungkan bagi bisnis ritel: SKU untuk penyesuaian mereka dan Kode produk untuk universalitas mereka. Banyak bisnis menggunakan campuran Kode produk dan SKU. Untuk mempelajari cara menambahkan item ke persediaan Anda dengan Kode produk dan SKU di Turboly Cloud POS.

Baca Juga : Perbedaan Nomor Serial dan Nomor Batch

turboly.com