image

Tips Mengatur Stok di Toko Ritel

Stok di toko adalah ibarat amunisi untuk penjualan ritel. Disinilah urat nadi operasional toko berada. Mengelola stok dengan benar dan mengatur ruang penyimpanan dengan baik akan membantu menjalankan bisnis ritel yang dinamis.

Ada cukup banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengatur ruang penyimpanan toko untuk tetap menjaga stok dalam kondisi baik dan penjualan bisa dimaksimalkan. Berikut diantaranya :

1. Maksimalkan ruang vertikal

Ruang penyimpanan atau gudang toko biasanya memiliki langit-langit yang cukup tinggi, kondisi ini dapat dimanfaatkan dengan maksimal dengan menambahkan rak penyimpanan. Semakin banyak barang yang dapat ditempatkan di rak atau rak yang lebih tinggi, semakin banyak ruang yang dapat digunakan. Jika dapat dimaksimalkan, ini merupakan nilai tambah. Jangan lupa menyediakan tangga untuk membantu staff di toko/ gudang untuk memudahkan mereka untuk mengambil barang saat dibutuhkan.

2. Tempatkan barang-barang fast moving di posisi strategis

Untuk mendorong efisiensi dan efektifitas kerja di toko, menempatkan produk paling fast moving atau laris di lokasi strategis yang mudah diambil adalah satu kebijakan kecil yang bisa memberikan efek besar. Satu sisi hal ini akan memberikan kecepatan dari sisi internal dan pengiriman kepada pelanggan.

3. Memanfaatkan software inventory management

Software inventory management adalah alat yang sempurna untuk membantu menjaga gudang toko berjalan dengan efektif. Software inventory management yang baik akan membantu secara akurat memprediksi seberapa banyak barang yang diperlukan dikirim dan kapan, yang akan membantu menjamin bahwa tidak pernah kekurangan barang.

4. Investasikan di unit penyimpanan yang tepat

Ada banyak jenis unit penyimpanan yang tersedia untuk seseorang yang melengkapi ruang penyimpanan. Rak, rak, laci, tempat sampah, lemari, dll. Jenis yang tepat yang akan berfungsi di gudang toko akan tergantung pada jumlah dan jenis barang.

5. Buat pengiriman terbuka dan area penerima

Toko membutuhkan tempat untuk menerima semua pengiriman dan hal ini wajib dilakukan di gudang toko. Siapkan area yang khusus dengan luas yang cukup, jaga kebersihan dan keamanannya. Semakin lega area penerimaan akan membuat karyawan semakin mudah dalam melakukan sortir kualitas barang.

Baca Juga : Modern Retail Store - Stock Inventory that Sells

www.turboly.com