4 Laporan POS yang Harus Digunakan Bisnis Ritel

image

Sistem Point of Sale (POS) memberikan fungsi penelusuran dan pelaporan untuk membantu pemilik bisnis mendapatkan informasi akurat akan penjualan. Ada beberapa jenis laporan yang disediakan Sistem POS, laporan ini termasuk penjualan, persediaan, dan keuangan. Setiap laporan dapat berguna untuk membuat keputusan bisnis ke depan.

Kompleksitas Sistem POS menentukan data apa yang disediakan. Minimal, sistem akan menyediakan laporan pergerakan inventory dan total penjualan. Semakin kompleks sebuah sistem maka data yang dikumpulkan akan semakin banyak dan menghasilkan laporan yang akurat.

Apa itu laporan dalam Sistem POS?

Laporan dalam Sistem POS dihasilkan melalui data yang dikumpulkan selama setiap aktivitas penjualan. Data yang dikumpulkan dapat dilacak oleh sistem POS akan mencakup total transaksi dan produk yang dibeli. Namun, laporan POS juga dapat memberikan informasi berharga untuk perusahaan ritel. Misalnya, laporan untuk setiap transaksi sales person, informasi ini akan membantu manajer atau manajemen mengetahui siapa yang menghasilkan penjualan terbanyak. Laporan penjualan di Sistem POS dapat digunakan untuk membandingkan performa toko di berbagai lokasi. Misalnya, jika Anda adalah pemilik franchise dan melihat bahwa satu toko tidak berkinerja baik, Anda dapat memecahkan masalah ini lebih awal dengan mengandalkan data laporan penjualan POS.

Laporan penjualan per sales person dan target penjualan

Selain laporan penjualan Sistem POS ritel juga memiliki fungsi yang bisa dimanfaatkan untuk menentukan target penjualan berdasarkan toko dan karyawan. Kemampuan untuk menetapkan target penjualan dan kemudian menggunakan hasilnya untuk melakukan penilaian kinerja akan sangat membantu perusahaan ritel untuk perhitungan insentif atau komisi.

Laporan harga pokok penjualan (HPP) dan keuntungan

Mengidentifikasi barang terlaris itu mudah, bahkan tanpa bantuan Sistem POS, tetapi barang yang terjual dalam jumlah terbesar belum tentu menjadi barang yang memberi Anda keuntungan terbesar. Sistem POS Ritel akan membedah penjualan dengan detail harga pokok penjualan (HPP) sehingga dengan sangat akurat dapat memberikan informasi keuntungan penjualan setiap produk.

Laporan manajemen persediaan

Sistem POS ritel membuat manajemen persediaan menjadi mudah. Laporan manajemen persediaan memungkinkan melacak stok berdasarkan SKU, hingga di beberapa lokasi. Dalam sistem manajemen persediaan yang baik, akan memberikan informasi umur dari persediaan, no batch/ masa kadaluwarsa yang terperinci hingga data historis pembeliannya.

Laporan perbandingan

Untuk pemilik bisnis ritel yang memiliki beberapa lokasi, laporan kinerja antar cabang sangatlah berharga. Hal ini bukan hanya diukur dari sisi omset penjualan, tapi juga hingga produk terlaris dari setiap toko cabang atau bahwa setiap toko mengalami puncak penjualan pada jam atau waktu yang berbeda dalam setahun.

Jenis bisnis ritel yang miliki akan menentukan peran laporan dalam bisnis. Butik fashion akan memiliki pola dan kecenderungan yang berbeda dari dealer mobil atau toko furniture, dan karena variasi yang melekat ini, banyak sistem POS memungkinkan pengguna membuat laporan yang fleksibel.

Baca Juga : 6 Solusi Mengatasi Masalah Stok Barang dalam Bisnis Kosmetik

turboly.com