image

6 Solusi Mengatasi Masalah Stok Barang dalam Bisnis Kosmetik

Pengelolaan stok barang tidak hanya dialami oleh perusahaan ritel dalam bidang minimarket. Namun, perusahaan ritel dalam bidang kosmetik pun juga terdapat yang namanya pengelolaan stok barang. Di dalam menjalankan pengelolaan persediaan barang dalam bisnis kosmetik pasti tidak luput dari beragam masalah yang dapat terjadi saat mengelola stok barang tersebut.

Berikut 6 solusi mengatasi masalah stok barang dalam bisnis kosmetik:

Mengatur tata letak barang

Bagi perusahaan yang memiliki bisnis kosmetik, dapat mengatur tata letak barangnya dengan cara kosmetik yang memiliki tanggal kadaluarsa lebih cepat dapat diletakkan di susunan paling awal. Sehingga barang yang pertama kali keluar adalah barang dengan tanggal kadaluarsa paling cepat dibandingkan tanggal kadaluarsa pada barang-barang lainnya.

Melakukan pengecekan stok kosmetik secara teratur

Stok kosmetik harus dilakukan pengecekan secara teratur baik itu kosmetik yang ada di gudang maupun yang sedang dijual kepada para pembeli. Hal ini dilakukan agar penjual mengetahui dengan rinci stok kosmetik yang masih tersisa jika ditanya oleh para pembeli. Selain itu, stok kosmetik akan lebih mudah diketahui jika suatu saat stok akan segera habis sehingga dapat dilakukan pemesanan ulang kembali secara cepat dan hal ini tidak akan membuat para pembeli kecewa karena kehabisan stok kosmetik yang mereka inginkan. Pengecekan stok dapat dilakukan seminggu sekali.

Membuat daftar informasi mengenai stok kosmetik

Ada baiknya bagi perusahaan untuk membuat daftar informasi stok kosmetik yang berupa nama kosmetik tersebut, jenis makanan tersebut apakah termasuk makanan kering atau basah, jumlah pembelian kepada supplier, jumlah stok yang keluar, dan sisa stok yang masih tersedia. Hal ini memudahkan perusahaan untuk mengetahui informasi pada sebuah kosmetik yang ada secara cepat dan memudahkan dalam pencarian jenis kosmetik tersebut.

Menentukan jumlah minimum dan maksimum kebutuhan stok

Perusahaan harus bisa mengetahui jumlah minimum dan maksimum kebutuhan stok kosmetik yang diperlukan. Perusahaan dapat melihat dan mengira-ngira hal ini dari penjualan sebelumnya. Jangan sampai perusahaan mengalami kelebihan stok yang bisa menimbulkan kerugian karena pada kosmetik tertera tanggal kadaluarsa. Jangan sampai pula perusahaan mengalami kekurangan stok karena keuntungan yang seharusnya bisa didapatkan tetapi malah hilang sia-sia yang disebabkan oleh kurangnya ketersediaan stok dan hal ini dapat membuat pembeli kecewa dan pindah ke toko lain yang lebih lengkap.

Mengelompokkan kosmetik sesuai jenisnya

Supaya stok kosmetik terlihat lebih rapi dan suatu saat dapat dicari dengan mudah, maka ada baiknya melakukan pengelompokan kosmetik sesuai dengan jenisnya masing-masing. Misalnya seperti mengelompokkan berdasarkan fungsinya : Wajah, Tubuh, Rambut, dan lainnya

Melakukan sortir saat penerimaan dari supplier

Sebelum stok kosmetik disimpan dalam gudang, sebaiknya lakukan pengecekan ulang terhadap kosmetik tersebut. Hal ini akan meminimalisir jika ada kosmetik yang salah produksi, fisiknya cacat, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Perbedaan Nomor Serial dan Nomor Batch

www.turboly.com