image

6 Langkah Sebelum Memulai Bisnis Kosmetik

Industri kosmetik tumbuh dengan pesat. Permintaan untuk semua jenis produk kosmetik terus meningkat dari berbagai lapisan masyarakat. Permintaan kosmetik premium berkembang dimana-mana termasuk kelas menengah negara berkembang.

Statistik tersebut dengan jelas mengungkapkan bahwa terdapat banyak peluang bisnis di industri kosmetik. Ini juga menunjukkan bahwa bisnis kosmetik kecil Anda dapat mulai menghasilkan keuntungan dalam waktu dekat.

Inilah 5 Tip Teratas Untuk Memulai Bisnis Kosmetik Anda Sendiri

  1. Ketahui Peraturan BPOM

Pertama, Anda harus memahami peraturan BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) tentang pembuatan dan pelabelan produk kosmetik. Anda harus mematuhi aturan dan regulasi ini agar Anda menjalankan bisnis dengan cara yang legal. Anda harus memiliki pengetahuan yang baik tentang peraturan pembuatan atau penjualan produk kosmetik. Ini akan membantu Anda menghindari masalah legailtas.

  1. Tentukan Lokasi

Anda memiliki pilihan untuk memulai bisnis kosmetik Anda dari rumah di hari-hari awal Anda. Pilihan lainnya adalah menyewa tempat. Mendapatkan tempat yang disewakan mahal bagi pemilik usaha kecil. Alternatif yang lebih murah adalah menyewa ruang di laboratorium tempat Anda dapat menguji dan membuat produk kosmetik. Temukan lokasi yang murah untuk memulai bisnis Anda.

  1. Pilih Spesialisasi

Pilih bidang spesialisasi Anda di mana Anda memiliki pengalaman dalam memproduksi atau menjual produk kosmetik. Misalnya, Anda tahu tentang menjual riasan organik, riasan efek khusus, atau kosmetik mineral, dan produk perawatan bibir.

Konsentrasi pada bidang kosmetik yang Anda kenal sehingga Anda dapat merencanakan bisnis Anda dengan baik. Persempit bidang spesialisasi atau minat kosmetik Anda. Jangan mencoba menjual atau memproduksi terlalu banyak barang pada saat yang bersamaan di hari-hari awal bisnis Anda.

  1. Jual Produk Anda Secara Online

Pilihan efektif untuk memulai bisnis kosmetik Anda sendiri adalah menjual produk secara online. Sebagian besar pelanggan Anda yang berharga saat ini menelusuri dan berbelanja di web. Anda harus membuat toko e-commerce untuk menjual produk kosmetik khusus Anda. Menjual produk Anda secara online menyiratkan bahwa Anda akan menarik pelanggan dengan harga serendah mungkin.

Tetapi pastikan bahwa desain situs web ecommerce Anda mudah diingat dan ramah pengguna. Situs web semacam itu harus menampilkan gambar produk kosmetik Anda yang mengesankan. Semua detail seperti deskripsi produk, bahan, harga, dan informasi kontak harus disebutkan dengan jelas. Pengguna harus dapat menavigasi halaman web Anda dengan nyaman.

  1. Uji Produk Anda

Sebelum Anda mulai menjual produk kosmetik Anda, uji barang-barang unik tersebut. Berikan beberapa contoh produk kepada orang-orang di lingkungan tetangga, kerabat dan teman Anda. Memiliki uji praktis produk selalu diinginkan untuk mengetahui sebelumnya tentang bagaimana orang lain dan audiens target Anda akan merespons.

  1. Gunakan Sistem ERP

Gunakan Sistem Enterprise Resource Planning (ERP) untuk mendukung operasional. Dimulai sebelum bisnis dimulai untuk mencatat persediaan dan biaya-biaya pre-opening. Sistem ERP dapat mendukung semua proses mulai dari pembelian bahan baku atau produk, mengelola batch & expiry hingga mendorong loyalitas pelanggan melalui Sistem Membership.

Baca Juga : 6 Strategi Toko Kosmetik Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

www.turboly.com