6 Strategi Toko Kosmetik Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

image

Industri perawatan kecantikan terus berkembang seiring wanita di seluruh dunia membeli produk tata rias dan perawatan kulit. Dengan banyaknya merek berbeda yang tersedia, perusahaan yang menjual kosmetik harus secara teratur memunculkan ide-ide baru agar menonjol di antara persaingan dan menarik pelanggan baru. Berikut adalah beberapa tip yang akan membantu Anda memenangkan pelanggan seumur hidup dengan menawarkan pengalaman pelanggan yang luar biasa!

Memiliki Sales Person yang Informatif

Berhadapan dengan sales person yang minim informasi bisa mengakibatkan loss sales. Oleh karena itu, penting untuk melatih karyawan dan memastikan bahwa mereka memahami dengan baik produk yang ditawarkan perusahaan. Seorang sales person yang kurang informasi seringkali dapat membuat merek terasa mahal dari harganya. Misalnya, jika pelanggan bertanya informasi dan rekomendasi produk dan sales person memberikan jawaban atau pilihan yang tidak memuaskan, ini akan meninggalkan kesan buruk pada pelanggan dan enggan datang lagi.

Buat Toko Menarik Secara Visual

Karena kosmetik adalah tentang kecantikan, counter di toko ritel harus mencerminkan hal ini dan harus tampil eye catching sekaligus menarik secara estetika bagi pelanggan. Toko yang ideal akan memiliki area konsultasi atau area makeover dimana pelanggan dapat duduk dan mendiskusikan masalah mereka sementara ahli penjualan membantu mereka dalam membuat pilihan produk. Semuanya harus ditampilkan dengan selera tinggi dan memberikan kesan mewah agar pelanggan merasa dimanjakan. Pencahayaan, terutama harus tepat agar pelanggan dapat memilih warna dengan mudah, juga harus menambah keindahan toko secara keseluruhan. Kursi yang nyaman juga harus diatur dan kaca spion di toko tidak boleh terlalu tinggi atau terlalu rendah untuk kenyamanan pelanggan. Semua upaya ini akan membuat pelanggan merasa istimewa dan dia pasti ingin berkunjung lagi.

Membuat Ide Marketing yang Menarik

Industri kecantikan harus selalu menghasilkan kampanye yang menarik untuk meningkatkan penjualan dan menarik pelanggan baru. Misalnya, sebuah merek dapat mengatur acara dimana pelanggan dapat datang dan berinteraksi dengan penata rias dan spesialis perawatan kulit. Saat berbelanja untuk riasan, banyak orang termotivasi oleh lingkungan mereka sehingga perhatian harus diberikan pada pengaturan.

Kampanye marketing adalah cara sempurna untuk mendapatkan pelanggan baru dan juga mendorong pelanggan saat ini untuk berinvestasi di lebih banyak produk. Merek dapat meminta ahli tata rias populer untuk membuat penampilan khusus menggunakan produk merek, ini tidak hanya akan membantu pelanggan belajar menciptakan tampilan baru tetapi juga akan mendorong mereka untuk berinvestasi pada produk yang direkomendasikan. Merek juga dapat menggunakan media sosial untuk membuat kontes dimana pelanggan dapat berpartisipasi secara aktif, pelanggan dapat diminta untuk tampil dengan tampilan berbeda menggunakan riasan merek yang kemudian dapat dipasarkan dengan mengacu pada pelanggan. Anda dapat menjalankan jajak pendapat untuk mendapatkan tampilan terbaik yang dibuat oleh pelanggan dan siapa pun yang mendapat suara terbanyak dapat diberi keranjang hadiah dengan produk terbaru dari perusahaan.

Melibatkan Pelanggan Dalam Promosi

Banyak pelanggan mengandalkan saran dari rekan-rekan mereka saat membuat keputusan pembelian. Promosi dari mulut ke mulut menghasilkan penjualan dua kali lebih banyak dibandingkan dengan iklan berbayar. Pelanggan sebagai ‘duta” merek tidak hanya akan membuat mereka merasa istimewa tetapi juga akan menciptakan publisitas yang tepat. Sebagian besar pelanggan reguler sangat setia pada pilihan merek mereka dan dapat meyakinkan orang lain di sekitar mereka dengan baik. Mereka dapat ditawari insentif untuk ini seperti, kupon diskon, undangan acara eksklusif, dan hadiah sesekali.

Program Loyalitas Pelanggan

Berbagai merek memiliki program loyalitas yang ditujukan untuk menyenangkan pelanggan tetap dan menawarkan insentif untuk memastikan loyalitas mereka. Diskon khusus harus diberikan kepada pelanggan reguler karena ini tidak hanya akan membuat pengalaman mereka berkesan tetapi juga akan memaksa mereka untuk berbagi berita dengan teman dan keluarga mereka. Ini membantu dalam menciptakan kata-kata positif dari mulut ke mulut bagi perusahaan.

Program loyalitas dapat membantu bisnis membangun hubungan yang lebih signifikan dengan pelanggan mereka dan akan, dalam jangka panjang, membantu mereka meningkatkan jumlah pelanggan. Setiap pembelanjaan pelanggan akan dicatat di Sistem Point of Sale (POS) untuk kalkulasi perhitungan poin dan poin ini bisa ditukar dengan hadiah atau digunakan untuk pembayaran.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Loyalitas Pelanggan

turboly.com