image

Apa Manfaat Pelacakan Inventory Nomor Serial?

Nomor serial dalam produk adalah nomor identifikasi unik dan memberikan kontrol stok yang luar biasa. Penting bagi perusahaan khususnya perusahaan perdagangan handphone, gadget dan produk elektronik lainnya untuk memahami perbedaan antara nomor seri dan perbedaannya dari kode SKU atau nomor produk lainnya.

Nomor seri dapat direpresentasikan sebagai numerik dan alfanumerik dan berbeda dari kode produk seperti barcode, nomor lot atau batch. Pengidentifikasi produk menunjukkan batch, lot, atau proses produksi spesifik tempat barang diproduksi atau diproses.

Kode produk ini diterapkan ke seluruh kuantitas item dalam setiap batch tertentu, sedangkan nomor seri adalah pengidentifikasi khusus yang ditetapkan untuk produk atau komponen individual. Oleh karena itu, setiap item akan memiliki nomor batch yang sama dengan semua komponen dalam batch tersebut dan nomor seri yang unik untuk setiap item individual.

Pelacakan Nomor Seri

Manfaat utama pengenal produk dan nomor seri adalah kemampuan yang mereka berikan untuk melacak dan melacak setiap item kembali melalui rantai pasokannya. Setelah produk atau komponen diberi nomor seri, nomor tersebut dapat dilacak dari titik asalnya, melalui saluran distribusi dan grosir dan bahkan ke pelanggan atau pengguna akhir.

Hampir semua komponen di bidang manufaktur dan produksi akan memiliki nomor seri tersendiri dan barang jadi akhir juga akan diberi nomor seri uniknya sendiri. Nomor Seri ini membantu melacak barang antara gudang, persediaan dalam perjalanan (in transit) dan jaminan purnajual. Pelacakan nomor seri membantu pelayanan jaminan konsumen, dengan nomor seri dicatat terhadap penjualan yang sebenarnya, dan ditampilkan dalam catatan pembelian pelanggan. Jika, dan ketika penarikan produk diperlukan, penarikan kembali dapat dibatasi oleh nomor seri.

Akurasi yang ditingkatkan

Nomor seri meningkatkan fleksibilitas pelacakan dengan mencatat nomor seri saat produk diterima, tetapi juga saat produk dikirim. Sifat terintegrasi pelacakan nomor seri membantu meningkatkan akurasi kontrol stok dengan menghilangkan kebutuhan akan beberapa database yang menyebabkan kebingungan dan meningkatkan tingkat kesalahan.

Nomor seri juga bisa dikombinasikan dengan catatan kadaluarsa dan tanggal terbaik yang memungkinkan Anda mengelola stok apa yang diambil dan dikirim, mengurangi terjadinya pemborosan karena mudah rusak atau usang dengan mengirimkan stok lama terlebih dahulu.

Selain itu, nomor seri membantu mempertahankan tingkat kualitas layanan dengan memberikan kemampuan untuk memantau dan menilai setiap tahap produksi atau pengiriman. Mereka dapat digunakan untuk membantu melacak setiap masalah layanan, kesalahan dan cacat produk serta meningkatkan fungsi pencarian dan pelaporan.

Kontrol Persediaan

Nomor seri dan proses pelacakannya disediakan oleh Sistem ERP Ritel seperti Turboly. Yang memiliki kemampuan yang signifikan untuk pengendalian stok. Sistem ERP memberi perusahaan kemampuan untuk menjaga kendali mutu dengan menyediakan sarana yang membantu dalam menangani klaim garansi atau, jika perlu, untuk mengelola penarikan produk.

Selain itu, nomor seri membantu memfasilitasi kontrol stok yang lebih baik melalui pelacakan terintegrasi dengan sistem dan aplikasi bisnis lain. Ini termasuk kemampuan mengintegrasikan Point of Sale (POS) dan penjualan wholesale (B2B), kontrol stok dan bagian Account Receivable.

Baca Juga : Serial Number Untuk Identifikasi Hardware dan Software

www.turboly.com