Garansi Produk Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

image

Manfaat pemberian garansi produk adalah untuk meyakinkan pelanggan bahwa mereka memiliki risiko yang minimal pada saat pembelian produk, sekaligus mendorong kepada penjualan yang untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan meraih loyalitas pelanggan. Garansi yang diberikan pada pelanggan menjamin kualitas produk yang baik, dan garansi atau jaminan ini khusus untuk meringankan risiko kerugian pada pelanggan, saat pelanggan tidak puas terhadap suatu produk atau jasa yang telah dibayarnya.

Secara umum garansi akan dikategorikan menjadi 2, yaitu:

Garansi Toko/ Penjualan. Garansi secara teori disebut garansi internal yang merupakan komitmen toko kepada pelanggan/ pembeli produknya. Garansi ini atas dasar komitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik, tepat waktu dan jujur

Garansi Produsen. Garansi secara teori disebut garansi eksternal yang merupakan jaminan yang dibuat oleh pembuat produk kepada end user/ pengguna yang membeli produk mereka dari toko partner. Garansi ini terkait dengan keandalan sebuah produk dan jaminan layanan purna jual. Komitmen produsen sangat penting karena gagal memenuhi garansinya, maka justru akan menjadi bumerang bagi produsen itu sendiri.

Garansi yang baik harus memenuhi beberapa kriteria, antara lain:

  • Realistis dan dinyatakan secara detail
  • Syarat Sederhana dan mudah dipahami
  • Prosesnya Mudah
  • Berfokus pada kebutuhan pelanggan

Untuk mendukung proses klaim garansi dengan mudah, Sistem Turboly POS memberikan fitur Sales Claim dimana dalam fungsi ini akan mudah memberikan jangka waktu garansi produk, melacak pembelian dan masa garansi yang berlaku.

Baca Juga : Pentingnya Garansi Sebuah Produk

turboly.com