Keuntungan Menggunakan Sistem Point of Sale (POS) Berbasis Cloud Toko Retail

image

Berkembangnya teknologi merubah cara kerja perusahaan retail, beralih dari manual menjadi otomatisasi melalui software dan aplikasi Point of Sale (POS), Inventory hingga ke Accounting. Pertimbangan yang matang dalam pengambilan keputusan perubahan ini merupakan hal yang tidak mudah apalagi bagi bisnis retail yang sudah berjalan lama. Namun bagi perusahaan ritel yang berani mengambil risiko, perubahan ini merupakan suatu langkah bagus dan cerdas.

Berikut adalah beberapa keuntungan berpindah dari aplikasi toko berbasis desktop ke aplikasi toko berbasis cloud:

Data yang Akurat

Banyak perusahaan retail yang mengalami masalah dengan catatan penjualan dan persediaan yang tidak akurat. Akibatnya, akan membuang waktu untuk mencari dan memperbaiki dan lupa akan fokus utamanya memberikan pelayanan prima pada pelanggan. Tanpa disadari hal ini dapat menghambat pertumbuhan bisnis. Oleh karena, mengimplementasikan Sistem POS adalah solusi yang tepat karena sistem POS mampu untuk membantu mengatasi permasalahan pencatatan dan data yang dihasilkan akan sangat akurat dibandingkan dengan pencatatan manual.

Promosi

Sistem POS yang baik tidak hanya sekedar untuk mencatat penjualan dan penerimaan uang. Sistem POS yang baik juga harus dapat membantu bisnis retail tumbuh dan memberikan keuntungan. Semua transaksi dilacak dan dicatat, setiap pembelian yang dilakukan oleh pelanggan tersedia untuk dilihat, termasuk pembelian secara offline dan online. Bagian marketing dapat melacak produk dan layanan yang sukse dan menciptakan strategi pemasaran dengan segmen yang berdasarkan pada pelanggan, lokasi, musim dan banyak lagi. Sistem POS memungkinkan perusahaan retail untuk merancang skema promosi dengan mudah.

Dapat Diakses Darimana Saja

Sistem POS dapat diakses melalui Cloud. Jadi, pergerakan data antar bagian akan lebih cepat, akurat dan fleksibel. Bagian Toko akan dengan mudah meminta barang ke gudang, bagian cost control akan mudah mengelola cogs antar toko, bagian produk akan mudah mengelola produk di setiap cabang dan owner akan mudah untuk mengetahui insight toko secara realtime.

Mengelola Persediaan Dengan Mudah

Mengelola toko retail tanpa kontrol akan persediaan akan menjadi hal yang sangat sulit. Khususnya untuk perusahaan yang memiliki toko online dan fisik, konsistensi dalam persediaan sangat penting. Dengan menggunakan software POS akan memudahkan dalam mengelola persediaan dengan lebih akurat dan efisien. Sistem POS yang terintegrasi dengan Sistem Inventory juga dapat mencatat data yang terkait dengan masing-masing produk hingga detail pergerakannya.

Solusi Menyeluruh

Dengan menggunakan sistem POS, mengelola bisnis retail akan menjadi lebih mudah dan juga akan menghemat biaya karena Sistem POS ini menyediakan banyak fungsi bisnis yang penting dalam satu platform.

Baca Juga : PERBEDAAN SISTEM POS RITEL DAN SISTEM POS F&B

turboly.com