Dasar Pelacakan Inventory Nomor Serial Produk

image

Dalam bisnis ritel, inventory adalah aset utama yang sangat penting untuk operasi bisnis. Khususnya untuk bisnis retail produk elektronik dan gadget, selain kontrol akan inventory secara kuantiti juga penting untuk dapat mengelola inventory berdasarkan Nomor Serial. Pelacakan nomor serial ini adalah cara umum dan penting karena sangat terkait dengan kualitas produk. Sangat penting bagi bisnis ritel di bidang elektronik dan gadget untuk memiliki suatu sistem inventory manajemen yang memiliki kemampuan untuk melacak dan segera mengenali nomor serial di setiap produk. Lalu, apa yang perlu diketahui tentang pelacakan inventory nomor serial?

Fungsi utama

Fungsi pertama dan paling jelas dari pelacakan nomor serial adalah bahwa nomor serial unik dibuat untuk setiap item. Ini lebih dari ‘hanya angka’; mereka memungkinkan item untuk dikelompokkan secara elektronik dengan berbagai cara, sehingga sistem komputer Anda akan dapat mengenali item dengan ciri-ciri umum, atau dari lokasi yang sama. Anda kemudian dapat melacak inventory melalui semua proses bisnis, mulai dari saat pemesanan, hingga saat bahan mentah / dalam proses / produk jadi (untuk produsen), hingga saat stok ada di dalam toko siap untuk dikirim ke pabrik. pelanggan.

Fungsi utama lainnya adalah kemampuan untuk menyimpan informasi historis tentang produk, yang kemudian dapat dicari nanti jika diperlukan, bahkan lama setelah produk tersebut dijual ke pelanggan akhir.

Untuk beberapa bisnis, barcode pabrikan dapat digunakan, yang menghemat waktu dan biaya. Untuk bisnis seperti produsen yang membeli produk yang tidak dilengkapi dengan nomor seri, mereka harus membuat dan menetapkan nomor serinya sendiri. Ini dapat dilakukan hanya dengan membuat angka dan label pencetakan secara manual, atau sebagai opsi yang lebih komprehensif, berinvestasi dalam perangkat lunak yang akan menghasilkan angka untuk Anda dan memberi Anda beberapa opsi tag dan pelabelan. Salah satu tip adalah memastikan bahwa nomor yang ditetapkan untuk setiap item mengidentifikasinya dengan cara yang Anda inginkan, seperti milik jenis tertentu, kelas, lokasi, atau memiliki atribut tertentu misalnya.

Pelacakan nomor seri secara praktis merupakan kebutuhan untuk mengelola inventory yang terdiri dari apa pun yang lebih dari sejumlah kecil atau variasi item individual, dan karena alasan ini sebagian besar bisnis menggunakannya. Namun, sekali digunakan, ini dapat menghasilkan berbagai manfaat. Anda dapat menemukan barang dengan mudah, mencari produk pengganti atau produk pengganti di dalam stok Anda, atau untuk memberikan instruksi khusus tentang bagaimana produk tertentu harus diperlakukan. Visibilitas inventory ini memungkinkan Anda untuk membuat penyesuaian atau menanggapi masalah dengan mudah juga. Dengan setiap item yang dapat dilacak, Anda dapat mengatur pergudangan dan logistik Anda secara elektronik, mengelompokkan dan memindahkan item pada perangkat lunak Anda, yang kemudian akan mengirimkan instruksi kepada staf untuk melakukannya secara fisik. Terakhir, pelacakan nomor seri memungkinkan keluhan pelanggan ditangani secara efektif dan efisien. Jika pelanggan mengajukan keluhan kepada produsen tentang produk yang cacat, misalnya, produsen kemudian dapat melacak kembali melalui proses produksi untuk menyelidiki klaim tersebut, dan kemudian jika cacat ditemukan berasal dari kesalahan dalam produksi, maka kesalahan tersebut dapat diperbaiki dan produk cacat lainnya dapat ditarik kembali jika perlu.

Pelacakan inventory nomor seri adalah metode manajemen inventory dasar yang digunakan oleh banyak bisnis untuk mengatur inventory mereka. Jika bisnis Anda memiliki lebih dari sekadar inventory barang kecil, maka kemungkinan besar bukan pertanyaan apakah Anda menggunakan penomoran seri, tetapi bagaimana caranya. Pastikan Anda menggunakan sistem yang andal dan tahan lama yang dapat memaksimalkan nilai bisnis Anda.

Baca Juga : Perbedaan Nomor Serial dan Nomor Batch

turboly.com