Manfaat Email Receipt Saat Berbelanja

image

Sistem point of sale (POS) berbasis cloud memiliki fitur untuk mengirimkan tanda terima pembelian pelanggan melalui email (e-receipt) kepada pelanggan. Fitur kecil ini berkembang seiring dengan meningkatnya penggunaan email dan internet dalam beberapa waktu terakhir. Meskipun email receipt merupakan fitur kecil, namun memiliki beberapa manfaat maksimal yang perlu Anda ketahui.

Menghemat kertas

Salah satu keuntungan e-receipt sebagai bukti pembayaran adalah tidak perlu lagi membeli kertas printer untuk mencetak. Tanpa disadari kertas printer ini merupakan salah satu komponen biaya yang tinggi dalam bisnis ritel. Dari sisi pelanggan pun akan lebih nyaman karena mereka tidak perlu menyimpan struk secara fisik khususnya untuk pembelian yang bergaransi, tanpa kuatir hilang atau rusak.

Alat Pemasaran

Selain detail informasi pembelian, dalam e-receipt juga dapat ditambahkan detail informasi mengenai toko atau perusahaan Anda. Buatlah design yang semenarik mungkin agar pelanggan tidak menganggap ini adalah struk biasa. E-receipt dapat kita manfaatkan sebagai sarana pemasaran untuk iklan promosi, event toko kedepan ataupun pesan-pesan menarik lainnya.

Mengumpulkan alamat email pelanggan lebih mudah

Anda dapat menggunakan dua keuntungan pertama untuk membantu meyakinkan pelanggan agar membagikan alamat email mereka dengan Anda. Jika Anda memiliki alamat email pelanggan, ini akan memudahkan Anda untuk menghubungi mereka melalui email dan yang hasilnya akan mendapatkan kunjungan tindak lanjut dan pembelian.

Apakah software POS Anda memungkinkan mengirim e-receipt? Mulailah membangun database email pelanggan dan mulailah berinteraksi dengan mereka.

Baca Juga : Alasan Software POS Berbasis Cloud Lebih Unggul Dibanding Software POS Desktop

turboly.com