Menemukan Distributor Untuk Mendukung Usaha Anda

image

Bisnis Distributor grosir adalah bisnis yang membeli produk dari produsen dan menjualnya ke bisnis lain. Pedagang grosir biasanya tidak mengoperasikan toko; sebaliknya, mereka akan memasok barang dan persediaan bisnis ritel yang menjual ke pelanggan akhir.

Dalam bisnis ritel, biasanya akan memiliki beberapa distributor grosir sebagai supplier. Tetapi menemukan distributor grosir yang tepat untuk bermitra bukan merupakan hal yang mudah. Distributor Grosir yang bisa diajak bermitra paling tidak harus memenuhi kriteria :

  • Menghubungkan Anda dengan produsen dan produk yang dibutuhkan
  • Memiliki harga yang terjangkau
  • Melayani wilayah lokasi Anda
  • Dapat diandalkan dan dipercaya

Sebelum dapat menemukan perusahaan grosir yang tepat untuk bekerja sama, perlu mengetahui produk apa yang kita jual. Setelah mengetahui apa yang kita cari, baru dapat mulai mencari grosir distributor yang tepat untuk kita jadikan sebagai supplier.

1. Pahami Saluran Distribusi Industri Anda

Ada banyak cara suatu produk dapat berpindah dari produsen ke pengecer. Tidak semua distributor grosir melayani pasar yang sama. Memahami saluran distribusi dan rantai pasokan industri Anda dapat membantu Anda menemukan distributor grosir yang tepat untuk bisnis ritel atau online Anda.

Berbagai jenis pedagang grosir meliputi:

  • Pabrikan: Untuk beberapa produk, Anda dapat membeli langsung dari pabrikan. Toko butik biasanya membeli dari produsen kecil (terkadang satu orang).
  • Importir / Distributor Eksklusif: Sebuah perusahaan mungkin memiliki hak tunggal untuk mengimpor dan mendistribusikan produk di negara tertentu. Beberapa mungkin menjual langsung ke pengecer, yang lain menjual ke grosir lokal yang lebih kecil yang kemudian menjual ke toko.
  • Pedagang Besar / Distributor Regional: Biasanya ada pedagang grosir daerah yang menerima pengiriman lot seukuran gerbong boks dan menjualnya ke grosir lokal, yang kemudian menjualnya ke usaha kecil.
  • Agen: Orang-orang ini melakukan pengiriman harian ke pedagang grosir lokal dan toko ritel fisik.

2. Lakukan Kontak Pertama yang Produktif Dengan Distributor Grosir

Saat mulai berinteraksi dengan distributor grosir, Anda wajib mencari tahu:

  • Persyaratan pesanan minimum mereka
  • Harga satuan grosir mereka
  • Wilayah yang mereka suplai

Anda dapat membuat kontak awal ini melalui telepon atau email, kemudian ditindaklanjuti melalui telepon jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut atau ingin melanjutkan. Untuk menemukan kecocokan, jujurlah tentang apa yang Anda cari dan jangan mencoba terdengar lebih besar dari Anda. Jangan takut untuk memberi tahu orang yang Anda ajak bicara bahwa Anda sedang melakukan perbandingan dan juga melihat pesaing lain. Ini dapat membantu Anda mendapatkan harga yang lebih baik, bahkan jika Anda memulai dari yang kecil.

3. Cek Marketplace Grosir Distributor

Era digital saat ini, ada banyak marketplace B2B online besar tempat Anda dapat membeli banyak produk dengan harga murah. Alibaba.com adalah salah satu pasar B2B produsen, importir, dan distributor grosir terbesar. Cari pasar yang melayani negara atau wilayah Anda. Ada juga pasar B2B khusus industri; ini dapat melayani satu negara atau populasi pengecer global.

4. Bergabunglah dengan Grup, Forum, dan Jaringan Profesional Lainnya

Pemilik usaha kecil yang lebih berpengalaman dalam industri Anda seringkali menjadi sumber informasi terbaik tentang pedagang grosir. Namun, pengecer lain kemungkinan besar tidak ingin berbagi informasi pemasok dengan pesaing. Investasikan waktu dalam jaringan untuk membangun kepercayaan dan koneksi yang akan membantu Anda menemukan pemasok grosir terbaik untuk bisnis Anda.

5. Datang ke Pameran Dagang

Pameran dagang adalah salah satu cara paling ampuh untuk membangun dan mengembangkan bisnis Anda. Acara ini dirancang agar pengecer dapat terhubung dengan distributor dan produsen.

Pameran dagang memungkinkan Anda untuk bertemu dan berbicara dengan lusinan grosir atau produsen dalam satu hari. Percakapan tatap muka ini sering kali menghindari kesalahan informasi atau kesulitan komunikasi yang dapat terjadi saat menghubungi orang secara online.

Baca Juga : 6 Fitur yang Harus Dimiliki dalam Software ERP untuk Distributor Grosir

turboly.com