Mengapa Pengembalian Produk Tidak Selalu Buruk

image

Banyak yang berpendapat jika Sales Return merupakan suatu kerugian. Namun, sales return yang berhasil dengan mudah akan memuaskan customer dan sebenarnya bisa menguntungkan bisnis retail. Kelonggaran syarat pengembalian pelanggan dapat meningkatkan bisnis dengan menghilangkan kekuatiran pelanggan untuk membeli barang yang mereka tahu tidak dapat mereka kembalikan.

Jika proses Sales Return dapat berjalan dengan mulus, maka ini dapat menghasilkan:

Iklan dari mulut ke mulut yang positif. Seperti halnya pelanggan akan memberi tahu teman dan keluarganya jika mereka memiliki pengalaman buruk dengan pengembalian produk di toko Anda, mereka juga akan menyampaikan kabar jika tidak memiliki masalah dengan pengembalian - meskipun mereka sangat tidak puas dengan produk itu sendiri. Selain itu, dengan membuat pengembalian mudah dan mengubah pengembalian menjadi pengalaman pelanggan yang baik, pelanggan akan lebih cenderung memberikan feedback dan ulasan yang baik di media sosial dan situs Internet seperti Facebook dan Yelp.

Meningkatkan bisnis berulang. Jika pelanggan menerima bantuan tanpa repot selama proses pengembalian, Anda hampir dapat menjaminnya akan meningkatkan kemungkinan mereka akan kembali ke toko Anda lagi. Kebanyakan pelanggan tetap mereka telah mengembalikan suatu produk. Ini berarti sejumlah besar pelanggan toko mereka telah mengembalikan produk, tetapi tetap melindungi hak mereka.

Wawasan yang lebih baik tentang masalah produk. Menyelidiki alasan pengembalian dapat menghasilkan banyak informasi yang dapat Anda tindak lanjuti untuk meningkatkan bisnis Anda. Misalnya, apakah pelanggan mengembalikan barang tertentu karena itu bukan yang sebenarnya mereka cari dan jika ya, apa yang sebenarnya mereka inginkan? Apakah produk tertentu sering rusak atau cacat? Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini dapat membantu Anda mengidentifikasi masalah terkait produk dan menanggapinya dengan cara yang akan meningkatkan bisnis Anda.

Wawasan yang lebih baik tentang penjualan. Memang, tingkat pengembalian yang tinggi - terutama tingkat pengembalian yang tinggi untuk satu atau beberapa barang tertentu dapat menunjukkan bahwa ada sesuatu yang salah dalam campuran barang dagangan toko atau dengan vendornya. Namun ironisnya, pengembalian produk yang stagnan bisa menjadi sinyal lambatnya penjualan di kategori barang dagangan tertentu. Setelah Anda menyadari situasi ini, Anda dapat memperbaikinya melalui beberapa strategi peningkatan bisnis, seperti menghadirkan berbagai barang dagangan baru, meningkatkan keterlibatan pelanggan melalui pemasaran dan upaya lain, atau membuat tampilan yang lebih efektif menarik perhatian pelanggan.

Jelasnya, pengembalian produk tidak selalu menjadi hal yang positif untuk bisnis. Pengembalian membutuhkan tenaga untuk dikelola, memerlukan restock, dan, tentu saja, pengembalian uang. Prosesnya juga rentan terhadap penipuan. Tapi pengembalian tidak bisa dihindari. Strategi yang mengantisipasi keuntungan, mempersiapkan staf untuk menanganinya secara profesional, dan menggunakan proses untuk membangun hubungan pelanggan akan menghasilkan manfaat di atas untuk bisnis Anda, serta keuntungan Anda.

Baca Juga : Proses Return Penjualan yang Efektif di Toko Ritel

turboly.com