Mengelola Stok di Toko Elektronik Saat Musim Puncak Penjualan

image

Pengisian stok di toko elektronik bisa menjadi kegiatan yang kompleks. Salah satu faktor yang perlu diperhatikan adalah trend penjualan musiman, walaupun tidak semua produk terpengaruh trend penjualan musiman. Untuk menghadapi trend penjualan musim tertentu, perencanaan yang cermat diperlukan agar cukup stok tetap tersedia untuk memenuhi permintaan pelanggan, dan menghindari banyak sisa stok.

Berikut adalah musim puncak penjualan yang patut diperhitungkan dalam 1 tahun kalender :

Tahun Ajaran Baru

Perilaku konsumen telah banyak berubah dalam beberapa tahun terakhir dalam hal kebutuhan sekolah. Beberapa tahun yang lalu, buku catatan, pulpen, dan ransel adalah kebutuhan semua siswa; Saat ini, tablet dan laptop telah menjadi kebutuhan sekolah. Perilaku konsumen pun berubah, mereka sekarang lebih cenderung menyukai belanja melalui online, dan sebelumnya telah mendalami produk yang ingin mereka beli dari Internet.

Musim Liburan Sekolah

Musim panas berarti waktu liburan bagi banyak orang, yang menyebabkan peningkatan permintaan akan barang-barang yang dapat melengkapi liburan. Persediaan di kamera digital, speaker tahan air, dan kebutuhan berkemah seperti, lampu bertenaga baterai dan baterai powerbank. Namun, perhatikan variasi cuaca. Jangan hanya mendasarkan rencana pembelian stok pada riwayat penjualan tahun-tahun sebelumnya. Pertimbangkan data eksternal seperti informasi momen-momen penting yang terjadi di masyarakat..

Event Olahraga

Acara olahraga besar seperti Piala Dunia, Piala Eropa hingga ke All England dapat meningkatkan penjualan barang elektronik tertentu, seperti layar TV besar, ponsel pintar, dan sistem audio hi-fi. Namun, penelitian menunjukkan bahwa kegilaan membeli yang disebabkan oleh peristiwa ini biasanya tidak meningkatkan penjualan, tetapi hanya memindahkannya dari satu musim ke musim lainnya. Saat merencanakan restock ketika musim event olahraga, jangan melebih-lebihkan peningkatan penjualan, dan perhatikan bahwa selama bulan-bulan setelah acara olahraga, penjualan mungkin tidak sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Ada baiknya untuk memaksimalkan penjualan dalam minggu-minggu menjelang acara tersebut. Jika Anda melewatkan timing yang tepat, maka akan ketinggalan dan meningkatkan resiko produk tidak laku.

Peluncuran Produk Baru

Peluncuran produk bisa menjadi waktu untuk rekor penjualan elektronik. Selalu menjaga hubungan dengan principal atau distributor dan pastikan Anda akan mendapatkan kepastian untuk memiliki stok yang baik ketika saat peluncuran produk baru. Pada saat yang sama, perlu diingat bahwa permintaan akan produk baru memuncak dengan cepat, dan segera setelah model item yang lebih baru dirilis, model sebelumnya akan segera menjadi sia-sia, dan sangat sulit untuk dijual dengan harga normal. Gunakan Sistem Inventory untuk membantu merencanakan jumlah barang yang tepat untuk dipesan, menggabungkan tampilan real-time dari stok tersedia dengan informasi tentang riwayat penjualan, pengaruh dan proyeksi permintaan.

Selama proses ini, sistem pengisian ulang otomatis akan menjadi sangat diperlukan dalam memastikan bahwa memiliki semua produk yang dibutuhkan. Tingkat permintaan suatu item dapat berubah secara dramatis selama siklus hidup item, dan dipengaruhi oleh musim, acara, dan periode promosi. Sistem POS yang baik akan memungkinkan membuat rencana penjualan setiap musim, acara, dan promosi. Paket ini, dikombinasikan dengan informasi tentang stok saat ini, permintaan dan parameter pengisian, adalah dasar untuk pesanan pembelian yang akurat dan pesanan transfer untuk mengisi kembali toko dan gudang Anda. Software ERP yang menawarkan restock otomatis adalah kunci untuk memiliki item yang tepat di tempat yang tepat pada waktu yang tepat selama periode penjualan yang sangat penting.

Baca Juga : Cara Mengelola Toko Ponsel

turboly.com