Perbedaan Distributor,Supplier dan Reseller

image

Distributor, supplier, agen, reseller adalah istilah-istilah yang sering kita dengar dalam dunia perdagangan. Mereka adalah saluran distribusi barang yang memiliki peran masing-masing, dari mulai produk dibuat, hingga disalurkan ke konsumen akhir. Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas pengertian, peran dan tanggung jawab dari masing-masing :

Distributor

Distributor memiliki peran sebagai tangan pertama yang membeli produk jadi dari produsen secara langsung yang kemudian akan akan menjual produk kepada perantara selanjutnya sebelum diterima oleh toko ritel. Pada dasarnya, distributor ini merupakan suatu badan usaha atau perusahaan dan untuk distributor Distributor juga akan memiliki kontrak atau hak eksklusif dengan produsen. Distributor akan memperoleh keuntungan dari selisih harga dari produsen / pabrik dengan harga jual grosir. Selain itu, distributor juga sering mendapatkan benefit lain dari produsen bisa berupa bonus atau diskon tambahan saat mencapai target tertentu.

Supplier

Supplier adalah perusahaan yang menjual bahan baku yang akan diproses atau diolah untuk menjadi barang jadi. Pabrik akan menggunakan bahan baku tadi untuk digunakan sebagai bagian dari proses produksi suatu barang.

Agen

Agen adalah perantara antara distributor pada toko retail. Agen dibutuhkan karena distributor utama tidak mampu menjangkau seluruh lokasi sehingga peranan agen sangat penting dalam rantai distribusi. Agen akan menyalurkan produk ke toko ritel dan kemudian produk akan sampai ke tangan konsumen. Jika dibanding distributor, agen memiliki kapasitas penyimpanan dan penyaluran yang lebih kecil.

Reseller

Reseller cukup trend dalam beberapa tahun terakhir, seiring dengan meningkatnya trafik penjualan online. Reseller menjadi pilihan yang menarik karena jika dilakukan secara online maka pekerjaan ini tidak memerlukan modal. Reseller bisa diibaratkan calo, antara toko ritel dan konsumen namun pendapatan dari reseller pun cukup menggiurkan.

Baca Juga : 7 Tantangan Umum yang Dihadapi Distributor dan Pedagang Besar

turboly.com