Mengenal Bagian Purchasing Dalam Perusahaan

image

Bagian Purchasing atau Pembelian adalah bagian dari perusahaan ritel yang bertanggung jawab dan fokus pada aspek proses transaksi pembelian barang jadi dan bahan baku. Proses Ini berpusat pada kesepakatan, dibandingkan tujuan strategis atau hubungan komersial jangka panjang.

Apa langkah-langkah dalam proses pembelian?

Proses pembelian merupakan muara dari proses pengadaan. Ada beberapa langkah yang terlibat dalam proses pembelian. Pertama, proses pembelian dipicu oleh permintaan formal untuk barang atau jasa, yang dikenal sebagai pesanan permintaan atau Purchase Request.

Pada proses ini, tim pembelian akan mengevaluasi supplier dan penawaran yang diberikan untuk pengiriman barang atau jasa. Tim kemudian akan membuat pesanan pembelian dengan supplier yang dipilih, yang akan mencakup semua detail pembelian termasuk kuantitas, harga, dan persyaratan pengiriman.

Tim kemudian perlu memastikan pembayaran diatur untuk barang, dan mengawasi pengiriman dan pemeriksaan kontrol kualitas. Ini perlu memastikan semua dokumen yang benar selesai pada saat pengiriman, termasuk tanda terima. Setelah transaksi selesai sepenuhnya, tim pembelian perlu memastikan pengiriman telah didokumentasikan dengan benar untuk catatan perusahaan dan untuk referensi di masa mendatang.

Seorang Purchasing Manager bertanggung jawab atas aspek operasional pengadaan seperti menandatangani dokumen pengiriman.

Apa yang dilakukan Purchasing Manager?

Peran Purchasing Manager dan Procurement Manager seringkali membingungkan. Meskipun ada beberapa tanggung jawab yang tumpang tindih, mereka juga memiliki peran berbeda dalam proses pengadaan yang lebih luas.

Manajer pengadaan mengawasi peran strategis pengadaan yang lebih luas. Pembelian adalah subsektor proses pengadaan. Peran manajer pembelian dimulai pada akhir praktis dari proses pengadaan, setelah keputusan untuk membeli barang atau jasa telah dibuat.

Manajer pembelian kemudian mengawasi kebutuhan praktis dari proses pembelian, yang dipicu ketika permintaan, atau permintaan formal untuk barang atau jasa, dinaikkan. Setelah pesanan dinaikkan, manajer pembelian akan menilai berbagai penawaran yang telah diberikan oleh supplier. Manajer pembelian kemudian akan mengawasi penempatan pesanan dengan supplier yang dipilih, dan memastikan transaksi dapat dilakukan. Mereka juga bertanggung jawab untuk mengawasi kendali mutu pesanan setelah pesanan dikirim, dan mengatur pembayaran ke supplier.

Peran purchasing manager juga dapat mencakup perekrutan, pelatihan, dan pengelolaan anggota tim yang berkelanjutan. Mereka juga bisa menghadiri pameran dagang dan konferensi sebagai bagian dari pemahaman yang berkelanjutan tentang tren pasar dan peluang bisnis.

Baca Juga : 5 Cara Mudah Untuk Meningkatkan Hubungan Supplier

turboly.com