Daftar Kegiatan Inventory Saat Musim Liburan

image

Dalam menyambut musim liburan artinya wajib memiliki sistem Point of Sale (POS) yang aman dan cepat, rencana program promo liburan dan lainnya. Namun saat mulai mempertimbangkan cara baru untuk proses transaksi dengan aman, ada aspek bisnis Anda yang harus Anda pantau dengan cermat setiap hari , yaitu stock inventory selama musim libur. Hal ini penting untuk memastikan menikmati hasil keuntungan maksimal dalam musim liburan tahun ini, berikut adalah daftar kegiatan yang harus dilakukan dalam menyambut puncak penjualan liburan.

1. Pastikan telah melakukan pembelian produk populer

Gunakan data history penjualan dari Sistem POS produk apa yang populer dan laris saat musim liburan tahun lalu dan cermati trend penjualan dalam 3 bulan kebelakang, bagaimana performanya. Selain itu Anda dapat memanfaatkan media sosial mengenai tren produk saat ini. Hal ini berguna untuk membuat keputusan pembelian stok inventory yang paling tepat. Jadi, jika Anda kehabisan stok atas produk produk yang sedang populer semacam itu tahun ini bisa mengakibatkan loss sale atau kehilangan penjualan.

2. Sinkronkan stok toko online dan toko offline

Untuk mengikuti perubahan, penting untuk menghubungkan stok inventory di dalam toko dan online. Ini akan membantu mengotomatiskan menyesuaikan dengan cepat saat harus menjual secara online, dan ini juga akan memberi pelanggan Anda lebih banyak pilihan untuk ketika pembelian. Seiring industri ritel menjadi omnichannel yang semakin meningkat, sangat penting untuk mengintegrasikan Software POS dan inventory antara stok inventory fisik dan toko online secara real time.

3. Ubah toko menjadi pusat distribusi mini

Setelah menghubungkan stok inventory fisik dan toko online secara real time. Salah satu opsinya adalah mengubah sebagian toko menjadi pusat distribusi ritel untuk sementara waktu. Pusat distribusi ritel hanyalah lokasi tempat memproses pesanan. Dengan lebih banyak ruang untuk membantu memenuhi pesanan, akan dapat mengirim dan mengirimkan item ke pelanggan lebih cepat. Anda juga dapat menggunakannya untuk memungkinkan pelanggan “membeli secara online, mengambil di toko.

4. Pantau penjualan secara realtime

Setiap hari selama musim liburan (dan sepanjang tahun, dalam hal ini), harus mengetahui produk apa yang laris. Itu berarti harus memeriksa data penjualan secara realtime serta laporan penjualan harian. Ini membantu dalam membuat keputusan promosi dan diskon.

Baca Juga : Kiat Untuk Mengelola Inventory

turboly.com