Keuntungan Sistem ERP Terintegrasi

image

Sistem Enterprise Resource Planning (ERP) yang terintegrasi merupakan sebuah sistem yang bagus untuk diterapkan dalam perusahaan. Sistem terintegrasi meningkatkan kolaborasi, efisiensi, dan kinerja tim yg akan meningkatkan kemampuan antar departemen sehingga menghasilkan efisiensi dibandingkan saat menggunakan sistem yang berdiri sendiri antar bagian.

Jika dijabarkan lebih detail, berikut 4 keunggulan Sistem ERP terintegrasi :

Single Data

Memiliki sistem terintegrasi memungkinkan untuk meningkatkan proses internal melalui pemanfaatan satu sumber data, menghilangkan banyak data yang duplikat. Memanfaatkan sistem terintegrasi juga memastikan bahwa data dapat bekerja secara kolaboratif yang memiliki sumber yang sama. Salah satu manfaat terbesar menggunakan sistem ERP adalah bahwa satu-satunya sumber data yang valid tersedia untuk semua bagian. Manfaat lain dari sistem terintegrasi adalah pergeseran antar departemen dan fungsi orientasi membuat proses kerja menjadi lebih mudah karena aksesibilitas diadakan dalam satu sistem.

Hemat waktu & meningkatkan efisiensi

Manfaat dalam menggunakan Sistem ERP Terintegrasi tidak hanya ada pengurangan biaya, tetapi peningkatan produktivitas menjadi tidak terbatas. Dari penerapan sistem yang terintegrasi penuh, perusahaan tidak lagi membutuhkan sistem yang berdiri sendiri di setiap bagian. Sistem ini menyederhanakan semua operasi bisnis menjadi satu sistem yang mudah dikelola yang meningkatkan efisiensi dan kinerja bisnis Anda.

Memanfaatkan sistem terintegrasi memungkinkan dengan mudah mendelegasikan tugas sehingga menghilangkan proses birokrasi yang memakan waktu. Setiap bisnis menggunakan banyak program untuk menjalankan operasi bisnis mereka, yang memerlukan detail login terpisah, biaya lisensi, pelatihan, dan implementasi.

Sistem yang terintegrasi penuh meningkatkan efisiensi dan kinerja dengan memungkinkan semua anggota tim fokus lebih banyak waktu untuk menyelesaikan pekerjaan daripada membuang waktu mengumpulkan dan menggabungkan data.

Kerjasama yang Efektif

Kolaborasi dari perspektif ERP terintegrasi memungkinkan karyawan, manajemen perusahaan, pelanggan, dan supplier untuk berbagi informasi yang diperlukan dengan mudah. Karena kemajuan teknologi dan pertumbuhan Ekonomi, mendorong lingkungan bisnis yang lebih fleksibel, bekerja dari jarak jauh. Sistem ERP terintegrasi meningkatkan kolaborasi antar departemen. Ini berarti waktu respons lebih cepat, tidak ada hambatan komunikasi, dan menghasilkan kerjasama yang efektif.

Pengurangan Biaya

Jika Anda menggunakan banyak sistem untuk mengelola bisnis Anda, mengintegrasikannya ke dalam satu platform tidak hanya mengurangi biaya tetapi juga membuat pekerjaan lebih mudah karena mengurangi jumlah vendor. Biaya yang dapat dikurangi ketika menggunakan Sistem ERP Terintegrasi

  • Biaya Maintenance System. Jika menggunakan banyak sistem untuk mengelola setiap bagian, biaya overhead bisa menjadi besar.
  • Biaya Pelatihan. Ini adalah salah satu masalah terbesar dalam implementasi sistem. Biaya SDM bisa sangat tinggi jika perusahaan memiliki proses yang kompleks yang mengandalkan beberapa sistem yang tidak terintegrasi.
  • Biaya Kesalahan. Ini merupakan bagian dari biaya pelatihan. Dalam awal penggunaan sistem, user masih rentan akan kesalahan, mulai dari kesalahan yg tidak material hinggal kesalahan yang material yang dapat menimbulkan kerugian. Misalnya salah melakukan pemesanan barang akibat salah membaca laporan, hingga menyebabkan stock berlebih.

Baca Juga : Semua Tentang Sistem ERP

turboly.com