Mengenal Online Inventory Management System

image

Online Inventory Management System merupakan software manajemen inventory yang berbasis, software ini membentuk sebuah sistem yang membantu perusahaan berproses secara digital, dan sistematis untuk mengontrol aliran masuk dan keluar dari stok inventory. Mengingat inventory sangat penting bagi keberhasilan pertumbuhan bisnis yang kuat dan keberlanjutan.

Otomatisasi yang melekat dalam manajemen inventory online menghilangkan proses manual atau inventory tradisional yang memakan waktu dan banyak biaya yang mengikat. Sistem Ini akan membantu perusahaan secara efisien mengelola dan memelihara tingkat persediaan persediaan, untuk memastikan bahwa mereka memiliki jumlah persediaan yang tersedia, di tempat yang tepat, dan pada waktu yang tepat.

Mengapa manajemen inventory online penting?

Kontrol inventory yang efektif mempengaruhi setiap bagian bisnis, mulai dari biaya penyimpanan hingga pemenuhan pesanan yang akurat dan tepat waktu. Manajemen inventory online adalah sebuah alat bisnis yang penting karena mengotomatiskan pelacakan inventory, meningkatkan profitabilitas, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan umumnya membuatnya jauh lebih mudah untuk menjalankan bisnis.

Manajemen inventory berbasis cloud juga memiliki fleksibilitas untuk tumbuh seiring pertumbuhan bisnis. Memberikan informasi tingkat stok secara real-time dan berikut dengan historis pergerakannya. Selain itu, sistem ini akan menghasilkan laporan yang akurat. Membantu memenuhi permintaan harian, meningkatkan perkiraan, menginformasikan pengambilan keputusan, dan mengidentifikasi peluang pertumbuhan bisnis.

Manajemen inventory online untuk bisnis ritel

Dengan transformasi ritel offline ke penjualan online, pelaku usaha ritel akan mencari cara baru untuk meningkatkan proses distribusi guna memenuhi permintaan pengiriman pelanggan yang lebih cepat. Software berbasis cloud dapat diintegrasikan manajemen inventory dengan platform online lainnya seperti website ecommerce atau platform marketplace. Hal ini dapat mengoptimalkan seluruh proses pemenuhan pesanan mereka dengan manajemen inventory online. Menghemat banyak waktu dengan menghindari proses secara manual dan aktivitas pengendalian inventory manual.

Bagaimana usaha grosir dan distributor menggunakan manajemen inventory online

Dengan manajemen inventory online, grosir dapat dengan mudah mengelola inventory di beberapa gudang, melacak tingkat stok inventory secara real time. Selain itu, fungsi yang ditawarkan oleh sistem inventory online dapat memindahkan inventory antar gudang untuk mengirimkan produk ke pelanggan, lebih cepat dan lebih efisien.

Memiliki informasi yang akurat dari semua gudang melalui satu sistem online dengan akses ke semua data terkait inventory mereka di mana saja dan kapan saja. Ini berarti mendapatkan akses ke laporan waktu nyata tentang tingkat stok inventory, aktivitas penjualan, dan pembelian dari setiap gudang.

Manfaat lain adalah dapat menerapkan strategi upselling dan dapat memanfaatkan informasi ini sebagai dasar analisa. Akhirnya, dapat mendorong penjualan dengan menciptakan peluang upselling yang disesuaikan dengan riwayat pembelian pelanggan.

Baca Juga : 4 Metode Pembelian Inventory

turboly.com