4 Keuntungan Menyimpan Catatan Perawatan Kendaraan

image

Bagi banyak orang, kendaraan adalah alat untuk mendukung kehidupan. Maka dari itu, menjaga kendaraan pada kondisi kerja yang optimal meminimalkan risiko. Jika pemeliharaan diperlukan, penting untuk menyimpan catatan yang komprehensif - baik terjadwal atau tidak terjadwal - untuk membantu memahami pentingnya pekerjaan pemeliharaan kendaraan.

Di sini kita daftar manfaat dari menyimpan catatan pemeliharaan.

Mencegah pekerjaan perbaikan yang mahal terjadi

Dengan penggunaan terus-menerus, kendaraan Anda rentan terhadap keausan. Melakukan pemeriksaan rutin memungkinkan Anda untuk melihat dan memperbaiki kerusakan kecil sebelum menjadi masalah besar. Mendokumentasikan inspeksi dan perbaikan kecil ini membantu Anda melacak semua pekerjaan pemeliharaan yang telah dilakukan kendaraan Anda, memastikan bahwa setiap alat berat dalam kondisi prima sebelum mulai bekerja.

Membantu Anda membuat program perawatan khusus

Setiap kendaraan bekerja di bawah kondisi kerja yang berbeda dan mereka juga memiliki batasan yang berbeda. Dengan bantuan pemeriksaan rutin, Anda akan dapat menentukan dan mencatat perbedaan masing-masing kendaraan sehubungan dengan pekerjaan pemeliharaan. Pada gilirannya, informasi ini akan membantu Anda dalam membuat program pemeliharaan yang secara khusus melayani setiap kendaraan individu di armada Anda.

Cegah masalah terkait klaim garansi

Mendokumentasikan setiap pekerjaan perbaikan atau pemeliharaan yang dilakukan pada kendaraan Anda akan membantu Anda memproses klaim garansi dengan lebih mudah. Catat jenis pekerjaan pemeliharaan yang dilakukan pada kendaraan Anda serta waktu dan tanggal pasti perbaikan dilakukan karena informasi ini akan membantu menentukan hak Anda atas klaim garansi.

Ini meningkatkan nilai jual kembali kendaraan

Menyimpan catatan terperinci tentang semua perawatan dan perbaikan yang dilakukan oleh suatu kendaraan akan membantu meningkatkan nilai jual kembalinya. Pembeli benar-benar menilai suatu kendaraan sebelum membelinya, terutama jika mesin tersebut telah digunakan. Menyajikan pembeli potensial dokumentasi riwayat pemeliharaan kendaraan Anda memberitahu mereka bahwa kendaraan yang mereka rencanakan untuk dibeli telah dirawat dengan baik.

Bagi pengusaha bengkel, mendapatkan informasi catatan perawatan kendaraan konsumen merupakan alat penting untuk mengurangi retensi pelanggan. Informasi riwayat perawatan yang dicatat di Sistem Point of Sale (POS) Bengkel atau software bengkel dapat digunakan sebagai alat penting dalam berkomunikasi dengan konsumen untuk mengingatkan mereka agar tidak lupa dalam melakukan perawatan kendaraannya, dan tentunya diharapkan mereka akan datang lagi ke bengkel Anda.

Baca Juga : 5 Manfaat Menggunakan Sistem Manajemen Bengkel Mobil

turboly.com