Mengenal Manufacturing Part Number dalam Dunia Otomotif

image

MPN adalah singkatan dari Manufacturer Part Number. Ini adalah nomor unik yang dikeluarkan oleh produsen untuk mengidentifikasi produk suku cadang. Biasanya, MPN adalah produk suku cadang adalah rangkaian angka dan huruf. Anda dapat melihat contoh MPN pada barcode produk saat produsen mencetak MPN dan barcode.

MPN dapat ditemukan di katalog pabrikan, di situs web pabrikan, dan di basis data online. Termasuk database yang dikelola oleh toko atau distributor suku cadang.

Mengapa MPN Penting?

MPN selalu penting di sejumlah industri. Contohnya termasuk industri suku cadang aftermarket untuk kendaraan, mesin, atau peralatan komputer. Misalnya, filter oli untuk satu model mobil mungkin tidak cocok untuk model lain, meskipun pabrikan yang sama membuat kedua model mobil. MPN membedakan filter oli untuk setiap jenis mobil.

MPN penting karena:

  • Sebagai indentifikasi suku cadang sesuai peruntukannya berdasarkan manufaktur.
  • Untuk perbandingan kecocokan suku cadang OEM dan aftermarket.
  • Dengan beberapa jenis produk (seperti suku cadang kendaraan), MPN tetap membantu pelanggan memastikan bahwa mereka membeli barang yang tepat

Banyak penjualan suku cadang, serta produsen, membutuhkan MPN untuk membantu pelanggan menemukan apa yang mereka cari, dan membantu pelacakan untuk memperoleh suku cadang yang sesuai

Penting untuk dicatat bahwa MPN berbeda dengan nomor SKU. SKU adalah singkatan dari Stock Keeping Unit. Ini adalah sistem kategorisasi dan identifikasi produk internal yang digunakan oleh beberapa vendor. Misalnya, di toko suku cabang dapat menetapkan nomor SKU internalnya sendiri ke produk dari produsen yang juga memiliki MPN.

SKU hanya untuk keperluan internal. Meskipun, SKU & Part Number keduanya dapat dicatat dalam sistem [inventory management]. Nomor SKU untuk tujuan internal, tetapi saat mengidentifikasi atau untuk kebutuhan promosi lebih tepat jika menyertakan MPN untuk setiap produk.

Baca Juga : Mendapatkan Loyalitas Pelanggan dengan Layanan Pengingat Ganti Oli

turboly.com