Menggunakan ERP untuk Menumbuhkan Dan Memberdayakan Mitra Waralaba

image

[Waralaba](https://turboly.com/feature/franchise.html] adalah jenis bisnis yang menarik, di mana Anda menjual merek Anda kepada orang lain dengan imbalan sebagian dari pendapatan mereka. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk menikmati keuntungan memiliki merek yang mapan. Namun, bisnis waralaba adalah beberapa model bisnis yang paling terdesentralisasi, dan mengelolanya bisa sangat merepotkan. Namun, segalanya bisa berjalan lebih lancar jika Anda menggunakan ERP untuk menumbuhkan dan memberdayakan mitra waralaba Anda.

Software Enterprise Resource Planning (ERP) adalah alat bagi bisnis untuk mengelola sumber daya mereka dengan lebih baik secara efisien. Software ERP tidak hanya dapat menyinkronkan berbagai bagian tetapi juga membuatnya lebih efisien dengan kolaborasi. Ketika Anda melihatnya seperti itu, ERP sepertinya merupakan hal yang jelas untuk mengelola waralaba.

Berikut adalah bagaimana ERP dapat membantu dalam memberdayakan waralaba:

1. Manajemen Inventory

Waralaba bukan hanya menjual nama merek sebagai pemilik waralaba. Sebagian besar waralaba memasukkan produk yang dibuat khusus. Software ERP memecahkan masalah ini. Dengan ERP, Anda dapat memiliki pelacakan terpusat dari setiap barang yang Anda miliki, barang yang Anda butuhkan, dan barang yang akan segera Anda habiskan. Peringatan dapat diatur jika ada barang tertentu yang berada di bawah level tertentu. Anda menggunakan ERP untuk menumbuhkan dan memberdayakan mitra waralaba Anda sambil menyelamatkan diri Anda dari banyak masalah juga.

2. Pemasaran dan penjualan

Seluruh motivasi bisnis Anda bermuara hanya pada satu hal – lebih banyak penjualan. Anda ingin memberikan lebih banyak produk/layanan kepada lebih banyak pelanggan, dan mendistribusikan waralaba Anda ke seluruh negeri atau dunia mungkin menjadi titik buta. Anda tidak lagi dapat melacak franchisee mana yang berhasil meningkatkan penjualan dan mana yang gagal.

Namun, Software ERP akan memberi Anda pandangan terpusat dari semua detail keuangan Anda, termasuk penjualan dan analisis lebih lanjut. Anda dapat mengetahui apakah penjualan Anda meningkat atau menurun, dan dapat memutuskan untuk memperluas merek Anda atau memikirkan kembali strategi Anda.

Aspek penting lainnya adalah pemasaran. Di sini, Anda akan membutuhkan kombinasi ERP-CRM yang selalu setia. Dengan CRM, Anda dapat mengelola semua kampanye pemasaran dan data pelanggan. Dengan ERP, Anda dapat melihat data ini mengacu pada semua departemen dalam perusahaan Anda, dan melihat apakah kampanye pemasaran berjalan dengan baik atau perlu perbaikan lebih lanjut. ERP juga memberi Anda akses terpusat ke semua data tentang pelanggan, yang kemudian dapat digunakan untuk pendekatan pemasaran bertarget seperti pemasaran email, dll.

3. Control franchisee Anda

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, pendekatan desentralisasi adalah salah satu hambatan terbesar dalam model bisnis waralaba. Dengan pewaralaba Anda tersebar di berbagai lokasi, menjadi sulit untuk melacak mereka. Terkadang, sebuah bisnis berkinerja buruk, tetapi Anda tidak menyadarinya sampai terlambat. Tidak hanya buruk secara finansial bagi Anda jika franchisee tutup, itu juga dapat mempengaruhi citra merek Anda.

Namun, dengan ERP, Anda dapat melacak semua pewaralaba Anda setiap saat. Karena Software ERP sekarang berbasis cloud, Anda bahkan dapat menggunakan ponsel Anda untuk mendapatkan data waktu nyata. Beberapa vendor ERP yang hebat bahkan dapat memberi Anda alat yang dibuat khusus yang sesuai dengan jumlah mobilitas yang Anda butuhkan. Meskipun tidak ada tindakan nyata yang terlibat selain mengamati, itu menyelamatkan Anda dari satu skenario yang mungkin terjadi ketika waralaba tertentu dalam masalah dan tindakan cepat Anda dapat membuat segalanya baik-baik saja. Mobilitas berbasis cloud memungkinkan ERP untuk tumbuh dan memberdayakan mitra waralaba Anda, kapan saja dan di mana saja.

Selain itu, mengawasi franchisee Anda secara teratur membuat inspeksi fisik tidak diperlukan, menghemat banyak waktu dan memberikan lebih banyak kebebasan kepada mitra Anda.

Prinsip yang sama dapat diterapkan pada departemen. ERP memungkinkan Anda untuk merampingkan alur kerja dan mengkoordinasikan kerja antar departemen. Koordinasi ini diperlukan di departemen antara franchise dan franchise juga. Karena franchisee terletak di berbagai lokasi geografis, koordinasi bahkan lebih diperlukan. ERP membantu Anda dalam hal ini dengan memberi Anda dasbor tempat semua data dapat dilihat dan dianalisis.

Baca Juga : CARA MENGURANGI HUMAN ERROR DENGAN SISTEM AKUNTANSI FRANCHISE

turboly.com