Tanggal Kadaluarsa Kosmetik dan Mengapa Itu Penting

image

Ketika suatu produk mencapai tanggal kadaluarsa, kualitasnya mulai menurun. Umur simpan produk yang optimal telah berakhir, dan efektivitas serta kualitas kosmetik tidak lagi dapat dijamin. Kadaluarsa disini bukan berarti bahwa bedak yang kadaluarsa tanggal 30 Juni berubah menjadi “debu” pada 1 Juli, tetapi tidak disarankan untuk menggunakannya karena berbagai alasan. Jika suatu produk baru saja kadaluarsa dan tidak ada perubahan tekstur, bau atau warna,

Apa Efek Kosmetik Kadaluarsa Pada Kulit?

Ketika kosmetik melewati tanggal kadaluarsa, senyawa kimia yang membuat produk dapat mulai terurai menjadi senyawa lain yang tidak ramah untuk kulit Anda, terutama jika Anda memiliki kulit sensitif. Senyawa yang dihasilkan oleh kerusakan tersebut dapat membakar kulit Anda, menyebabkan iritasi yang paling umum dikenal sebagai dermatitis kontak. Ini bisa berupa bercak merah, kulit bersisik, lecet kecil, ruam, bengkak, gatal-gatal, dan kondisi menyakitkan lainnya yang tidak sedap dipandang. Aplikasi berulang dari produk kadaluarsa hanya memperburuk reaksi, dan dapat menyebabkan kondisi kulit kronis jika aplikasi berlanjut. Menggaruk dan menggosok kulit yang teriritasi bahkan dapat menyebabkan jaringan parut jangka panjang, membuat penggunaan produk kadaluarsa menjadi prospek yang lebih menakutkan. Kulit yang teriritasi adalah salah satu alasan untuk menghindari produk kadaluarsa.

Tanggal Kadaluarsa Produk Saya Tidak Terlihat - Apa Protokolnya?

Masalah umum lainnya adalah bahwa produsen kosmetik memang diharuskan untuk mempublikasikan tanggal kadaluarsa, namun ada saja produk-produk ilegal yang tidak memilikinya. Tanggal Kadaluarsa sering juga ditulis dalam cetakan kecil di dekat kode barcode suatu produk, terkadang membuat tanggal mudah terlewatkan.

Tidak yakin dengan tanggal kadaluarsa kosmetik Anda tidak berarti Anda tidak dapat melakukan pemeriksaan kontrol kualitas untuk mencari produk yang kadaluarsa. Pecah-pecah, perubahan warna, perubahan tekstur dan perubahan bau, terutama munculnya bau asam yang baru, berarti sudah waktunya untuk menyingkirkan produk rias demi keselamatan Anda sendiri. Sayangnya, beberapa produk memiliki masa simpan yang sangat singkat yang direkomendasikan karena kecenderungannya untuk mengumpulkan bakteri. Penurunan kualitas yang terlihat tidak terjadi pada produk ini sampai produk tersebut melewati tanggal penggunaan yang direkomendasikan. Jika Anda bertanya-tanya berapa lama untuk menyimpan produk Anda, berikut adalah panduan praktis.

Tidak mengherankan bahwa rantai distribusi kosmetik mulai dari produsen pembuat, distributor hingga toko ritel kosmetik membutuhkan Sistem Inventory untuk mengelola produk kosmetik yang memiliki fungsi pencatatan batch dan kadaluarsa. Hal ini dilakukan untuk mencegah produk produk kosmetik yang hampir kadaluarsa beredar di pasar.

Baca Juga : 6 Langkah Sebelum Memulai Bisnis Kosmetik

turboly.com