Berbagai Jenis Layanan Perbaikan di Bengkel Mobil

image

Ada banyak layanan perbaikan yang tersedia untuk konsumen ketika mobilnya mengalami kerusakan. Bahkan, ada begitu banyak jenis layanan yang bisa sedikit membingungkan. Penting bagi konsumen memahami perbedaan antara setiap layanan dan masing-masing bengkel penyedia jasanya.

Berikut ini rincian detail dari setiap jenis layanan perbaikan dan siapa yang menyediakannya sebagai panduan Anda :

Teknisi Servis

Ini adalah orang-orang yang melakukan servis rutin di mobil atau motor Anda. Ini termasuk memeriksa level oli dan cairan, kelistrikan dan hal-hal seperti lampu dan rem. Jika ada masalah dengan kendaraan Anda, Anda dapat mempercayai orang-orang ini untuk menanganinya. Karena masalah dapat terjadi dengan mobil Anda, ada baiknya membawa kendaraan Anda ke pusat layanan minimal 6 bulan sekali.

Teknisi diagnostik

Teknisi diagnostik sangat mirip teknisi layanan. Namun, mereka sedikit lebih terspesialisasi. Daripada memperbaiki masalah, mereka menggunakan alat spesialis untuk mendiagnosis masalah yang mendasarinya dengan mobil Anda. Biasanya, ini akan mencakup semua hal yang tidak dapat Anda lihat dengan mata telanjang seperti masalah listrik, pengapian mobil Anda dan teknologi yang mendasarinya yang membuat mobil melaju. Karena kendaraan menjadi lebih canggih saat ini, pentingnya diagnostik meningkat.

Ahli Mesin & Transmisi

Beberapa toko mobil dan teknisi dapat berspesialisasi dalam memeriksa dan memperbaiki sistem kunci mobil Anda seperti mesin, transmisi, dan rem. Semua sistem ini sangat penting untuk drivability dan keselamatan mobil Anda, yang berarti Anda sering dapat membayar premi jika Anda mengunjungi pusat spesialis.

Pusat Perbaikan Body

Ketika kendaraan Anda terlibat dalam kecelakaan, pusat perbaikan badan mobil akan membuatnya terlihat sebagus baru dalam sekejap. Pusat perbaikan badan otomatis adalah ahli dalam memperbaiki atau mengganti bagian tubuh usang atau rusak, serta lampu depan dan hal-hal seperti Axels dan sistem kemudi mobil Anda. Jika Anda terlibat dalam kecelakaan, Anda akan hampir pasti perlu beralih ke pusat perbaikan badan otomatis untuk memperbaiki kerusakan kosmetik mobil Anda. Bahkan, pusat-pusat ini adalah satu-satunya tempat yang harus Anda putar.

Ahli Cat

Apakah Anda terlibat dalam kecelakaan atau hanya suka mendapatkan lapisan cat baru yang diterapkan pada kendaraan Anda, ahli cat otomatis ada di sini untuk memastikan perjalanan Anda secepat mungkin. Tidak mungkin untuk menerapkan cat otomatis sendiri, jadi selalu perlu untuk mengunjungi seorang ahli. Bahkan setelah kecelakaan di mana cat telah dikikis dengan kendaraan Anda, para ahli ini dapat mencocokkan warna dan memiliki kendaraan Anda sama baiknya dengan yang baru.

Spesialis Perbaikan Kaca

Diperlukan keahlian khusus dalam memperbaiki dan mengganti kaca kendaraan. Baik itu kaca depan (windshield) atau jendela, teknisi spesialis kaca dapat dengan aman memperbaiki dan mengganti kaca mobil. Jika Anda terlibat dalam kecelakaan yang berakibat rusaknya kaca mobil, hampir selalu diperlukan untuk memiliki spesialis kaca mobil untuk menggantikan kaca mobil Anda.

Baca Juga : Manajemen Inventory untuk Bengkel Mobil

turboly.com