image

Apa yang Harus Dilakukan dengan Stok Kosmetik yang Kadaluarsa?

Peraturan dan pedoman persediaan kosmetik yang kadaluarsa sudah cukup jelas. Meskipun jelas bahwa persediaan kosmetik yang kadaluarsa berbahaya jika digunakan, namun masih ada saja pedagang retail kosmetik tidak memiliki prosedur yang jelas untuk menggunakan kembali atau mengeluarkan produk kadaluarsa dari toko atau gudang.

Tentu saja, ada beberapa cara yang bisa kita ambil saat menentukan apa yang harus dilakukan dengan persediaan kosmetik yang kadaluarsa. Apa yang harus dilakukan dengan kosmetik yang kadaluarsa?

Transfer ke toko cabang lain sebelum kadaluarsa

Saat Anda menerima pemberitahuan dari sistem inventory tentang produk yang akan kadaluarsa, Anda dapat mengambil tindakan terhadapnya dan memastikan bahwa persediaan tersebut masih bisa mendatangkan keuntungan (tidak rusak). Pilihan terbaik adalah mentransfer barang-barang tersebut ke toko lain

Hadiah

Jika Anda tidak dapat mengidentifikasi produk dalam stok inventory sebelum kadaluarsa (karena belum menggunakan sistem inventory), memanfaatkan produk-produk tersebut sebagai hadiah melalui penjualan bundle adalah pilihan.

Lakukan Return Pembelian ke Supplier

Banyak supplier atau principal kosmetik memberikan opsi untuk mengembalikan kelebihan stok melalui nota credit, proses ini bisa melelahkan namun akan dapat secara signifikan mengurangi kerugian. Jika Anda memiliki hubungan yang baik dengan supplier, dan memiliki kesepakatan return yang mudah maka ini adalah solusi paling tepat.

Jual barang yang sudah kadaluarsa

Jika Anda telah melihat ke dalam tiga opsi sebelumnya dan memutuskan bahwa itu tidak akan berfungsi untuk perusahaan Anda atau untuk persediaan tertentu yang kadaluarsa dalam stok, menjual kelebihan dan barang-barang yang sudah kadaluarsa bisa menjadi suatu kemungkinan. Ada beberapa perusahaan penampung produk-produk kadaluarsa yang mereka akan menerima produk-produk Anda untuk kemudian diolah (bukan untuk dijual lagi).

Baca Juga : Bagaimana Mencegah Produk Kadaluarsa

www.turboly.com