Apa itu Store Inventory Control?

image

Store Inventory Control adalah proses melacak tingkat stok di seluruh toko ritel Anda. Ini dapat berhubungan dengan toko online, offline dan ecommerce. Ini mencakup segala sesuatu mulai dari pembelian sampai Point of Sale/ POS Inventory Sistem di Toko.

Itu berarti memantau stok yang masuk dan keluar, serta stok yang disimpan di gudang. Kontrol inventory memberi Anda gambaran lengkap tentang inventory perusahaan Anda, termasuk produk apa dan di mana mereka dapat ditemukan di gudang.

Tujuannya adalah untuk meminimalkan biaya yang dapat ditimbulkan. Anda juga akan memiliki informasi yang lebih baik tentang kapan harus mengisi kembali stok, menjual stok lama, dan membeli produk baru. Teknik pengendalian inventory yang baik akan meminimalkan ruang penyimpanan di gudang serta menghemat uang dalam arus kas, dan memastikan Anda tidak menyimpan stok lama atau yang tidak dapat dijual.

Mengapa Store Inventory Control Penting

Kontrol inventory memberi pemilik bisnis pemahaman yang lebih baik tentang tingkat stok. Ini memastikan bahwa stok mati dikelola (atau dihindari sepenuhnya), dan gudang berjalan dengan efisiensi optimal. Berikut adalah beberapa alasan lain mengapa kontrol inventory penting untuk bisnis Anda:

  • Membantu dengan kontrol kualitas – Kontrol inventory memungkinkan Anda untuk mengawasi produk Anda. Itu berarti bahwa setiap kali Anda melakukan penghitungan inventory, Anda juga dapat melakukan kontrol kualitas pada saat yang bersamaan. Jika Anda menemukan produk yang jatuh di bawah standar perusahaan Anda, maka ada kesempatan untuk bertindak. Apalagi jika terjadi penarikan produk.
  • Menyimpan stok - Bagian dari proses pengendalian inventory adalah melakukan pengambilan stok secara teratur. Ini melibatkan penghitungan setiap item stok atau stock opname yang Anda miliki. Ini memungkinkan Anda untuk memantau tingkat stok dan mengatur gudang Anda.Hal ini penting karena berarti Anda tahu di mana setiap unit berada, serta kualitas dan kondisi setiap produk. Anda juga dapat melihat di mana Anda mungkin kekurangan beberapa produk dan membawa stok tambahan jika perlu.
  • Membantu dengan akuntansi persediaanAkuntansi persediaan adalah bagian penting dari pengendalian persediaan. Ini mengukur nilai persediaan fisik dan harga pokok penjualan dari waktu ke waktu.Ini berarti Anda mengontrol stok mati yang tidak lagi memiliki nilai, yang mengurangi pemborosan dan memudahkan untuk menghitung nilai inventory Anda. Ini juga berarti Anda dapat membantu keuntungan Anda dengan hanya memegang produk yang Anda butuhkan. Memastikan Anda tidak menjual terlalu banyak – Setelah Anda mengetahui berapa banyak produk yang Anda miliki, Anda dapat yakin bahwa Anda tidak menjual barang secara berlebihan kepada pelanggan Anda atau menjual produk Anda yang paling populer. Anda juga dapat membuat daftar level stok Anda secara real-time , dan terus memperbarui stok di sistem POS (point of sale). Ketika barang terjual habis, pelanggan dapat menjadi tidak sabar dan mencari produk yang sama di tempat lain. Demikian pula, ketika seorang pelanggan membeli suatu barang hanya untuk mengetahui bahwa barang tersebut telah terjual habis dan mereka telah dikembalikan dananya, ini juga dapat membuat mereka frustrasi dengan kualitas layanan Anda.

Secara keseluruhan, ini dapat menurunkan peringkat kepuasan pelanggan untuk toko Anda. Mengingat bahwa pengalaman pelanggan berjalan seiring dengan loyalitas, penting bagi Anda untuk memberikan layanan terbaik.

Baca Juga : Kiat Untuk Mengelola Inventory

turboly.com