Bagaimana Memilih Software Terbaik Untuk Bisnis Ritel Optik?

image

Bisnis ritel optik berubah dan saat ini menjadi sangat kompetitif sekaligus kompleks. Saat ini jika Anda tidak memiliki software dan teknologi terbaik dalam bisnis ritel optik Anda, akan sangat sulit untuk mengelola dan mengembangkan bisnis ritel optik Anda.

Sangat sulit untuk memilih software terbaik yang hemat biaya dan memiliki semua fitur / modul terbaru. Sebagian besar toko ritel optik terus mengubah software mereka karena mereka merasa mahal ketika mereka mulai menggunakannya, mereka harus membayar biaya pemeliharaan tahunan, mereka harus membayar biaya untuk fitur baru (upgrade), mereka harus membayar biaya untuk dukungan teknis dll Selain itu, mereka tidak menemukan semua fitur dalam satu software dan mereka cenderung membeli beberapa software seperti software Point of Sale (POS), Software Akuntansi, Software Inventory, dll. Tantangan ini umum terjadi pada sebagian besar software ritel optik yang tersedia di pasar.

Berikut adalah tips untuk memilih software terbaik untuk bisnis ritel optik Anda.

1. Biaya atau investasi awal:

Ketika Anda memutuskan untuk membeli software apa pun, pastikan biaya awal atau harga total pembelian software sangat rendah. Survei menunjukkan bahwa software dengan harga tinggi juga akan disertai dengan biaya pemeliharaan yang tinggi dan biaya tersembunyi lainnya

2. Biaya kerja atau pemeliharaan:

Setelah Anda membeli software apa pun; Anda harus tetap membayar biaya perawatan; ini adalah salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan oleh sebagian besar pemilik toko ritel. Sebelum Anda melakukan pembelian software; mencoba untuk mendapatkan pemahaman tentang biaya pemeliharaan. Juga, cobalah untuk mendapatkan semua persyaratan untuk pemeliharaan secara tertulis.

3. Fitur atau modul:

software yang ingin Anda beli harus memiliki semua fitur yang terkait dengan inventaris, penagihan, kode batang, akuntansi, manajemen kas, manajemen staf, promosi bisnis (SMS/EMAIL), pengingat otomatis, faktur PDF, resep kacamata atau manajemen resep lensa kontak dll. Sebelum melakukan pembelian, sebaiknya ikuti demo software lengkap untuk mempelajari semua fitur yang disediakan di dalamnya.

4. Frekuensi upgrade/ peningkatan:

Pembaruan software dan pengembangan fitur baru adalah dasar dari setiap software yang baik. Anda harus memeriksa dengan perusahaan tentang seberapa sering mereka memberikan upgrade baru dan biaya mereka untuk upgrade tersebut. Anda juga dapat memeriksa catatan mereka untuk memeriksa frekuensi perubahan dan fitur baru mereka. software yang baik juga harus memiliki fitur terbaru dan baru untuk bisnis ritel optik Anda.

5. User friendly atau mudah dipelajari:

Software ritel optik sebagian besar digunakan oleh staf Anda dan mereka mungkin tidak terlalu mahir menggunakan komputer; inilah alasan utama sebagian besar toko ritel optik tidak dapat menggunakan software dalam bisnis mereka. Anda harus memastikan software yang Anda beli harus sangat mudah dipelajari sehingga staf Anda dapat mengoperasikannya tanpa dukungan Anda. Jika mereka menemukan software tersebut sulit maka mereka tidak akan menggunakannya dan investasi Anda dalam software akan sia-sia.

6. Keamanan data:

Karena software akan bekerja pada bisnis Anda dan akan menyimpan semua informasi penting dan data sensitif bisnis Anda; keamanan data adalah aspek terpenting yang harus Anda perhatikan sebelum melakukan pembelian apa pun. Apakah Anda membeli software offline atau software berbasis cloud online; masalah keamanan data hampir sama. Anda harus memastikan bahwa software memiliki teknologi canggih untuk mengamankan data Anda sebelum disimpan ke dalam software. Juga, Anda dapat melakukan sedikit riset tentang perusahaan yang mengembangkan dan mengelola software; nama merek dan umpan balik layanan mereka akan sangat membantu dalam membuat keputusan yang tepat.

7. Ketersediaan data (ekspor ke excel):

Jika data Anda ada dalam software itu tidak berarti Anda bisa mendapatkan akses ke semuanya. Kami telah melihat bahwa sebagian besar software yang dijual di bisnis ritel optik memiliki kunci data dan mereka tidak ingin pelanggan mengunduh semua data di excel. Khususnya, catatan pelanggan dan resep tersedia berdasarkan pencarian dan di sana Anda hanya bisa mendapatkan 1 catatan pada satu waktu; jika Anda ingin mengunduh semua pelanggan Anda dan data resep mereka di excel, itu tidak mungkin dilakukan di sebagian besar software. Hal ini dilakukan dengan sengaja agar Anda terpaksa menggunakan software mereka dan Anda tidak bermigrasi ke software lain.

8. Reputasi merek perusahaan software:

Ini adalah salah satu faktor terpenting yang harus Anda pertimbangkan sebelum melakukan pembelian. Karena software adalah industri jasa dan software apa pun yang Anda beli, Anda akan memerlukan layanan, pelatihan, dan peningkatan di masa mendatang. Anda dapat mencari di Google atau menghubungi kontak Anda tentang perusahaan yang telah mengembangkan atau yang menjual software kepada Anda. Anda dapat menghemat uang dan waktu Anda dengan melakukan riset sebelum membuat keputusan pembelian. Tidak perlu bahwa mereka harus memiliki pengalaman yang luas atau sejumlah besar pelanggan dalam bisnis Optik; bahkan jika mereka memiliki pengalaman yang baik dan tim profesional, itu akan baik-baik saja.

9. Layanan support reponsif dan ramah:

Juga sangat penting bahwa Anda harus mendapatkan layanan support yang responsif dari perusahaan software karena seluruh bisnis optik Anda bergantung pada software. Juga, seharusnya tidak ada tambahan biaya untuk layanan ini. Anda sebaiknya memilih untuk membeli software dari perusahaan yang memiliki staf yang cukup untuk menangani dukungan.

Kesimpulan

Untuk mengatasi semua tantangan yang dihadapi oleh software ritel optik ini; Turboly Cloud ERP telah mengembangkan software Optik dan Kacamata untuk toko ritel optik dengan teknologi cloud terbaru, juga menggabungkan beberapa software ke dalam satu sistem dengan konsep Software as a Service (SaaS).

Baca Juga : Bagaimana meningkatkan bisnis ritel optik Anda selama PPKM?

turboly.com