Memaksimalkan Sistem POS Online Untuk Meningkatkan Penjualan

image

Fungsi utama Point of Sale (POS) Anda adalah untuk mencatat penjualan dan memberikan bukti transaksi kepada pelanggan. Ada banyak pilihan solusi Point of Sale (POS) tetapi secara umum, Point of Sale (POS) akan membantu meningkatkan penjualan dengan menggunakan langkah-langkah berikut:

Menambahkan produk dalam penjualan – Ini adalah langkah pertama dari proses penjualan. Tergantung pada bagaimana sistem diatur, menambahkan item dapat dilakukan dengan:

Memindai barcode produk - Mencarinya di halaman penjualan Point of Sale (POS), dimana Point of Sale (POS) memiliki bagian pencarian / fungsi pencarian produk berdasarkan kode SKU, nama hingga ke part number atau bahkan IMEI.

Mengaplikasikan diskon – Jika Anda menjalankan promosi atau ingin menerapkan diskon kepada satu atau banyak produk, Point of Sale (POS) dapat digunakan untuk melakukannya. Jika sistem Anda tidak memiliki fitur ini, temukan cara lain apakah Point of Sale (POS) menyesuaikan harga barang secara manual/ open price.

Menerima pembayaran – Ini adalah bagian akhir dimana penjualan diselesaikan. Hampir semua sistem POS memiliki kemampuan untuk menerima uang tunai (cash) atau kartu kredit, sehingga proses menerima jenis pembayaran ini cukup mudah.

Selain itu, Point of Sale (POS) juga menawarkan opsi pembayaran tambahan termasuk:

  • Voucher/ Kupon – Jika Anda menjual voucher hadiah, pastikan kartu tersebut terintegrasi dengan Point of Sale (POS) Anda sehingga dapat menerimanya sebagai bentuk pembayaran.

  • Pay Later – Sesuai namanya, pay later atau “beli sekarang, bayar nanti” adalah layanan yang memungkinkan pelanggan membawa pulang barang segera dan kemudian membayarnya dengan dikemudian hari.

  • Deposit – Deposit adalah layanan di mana toko ritel menerima uang dari pelanggan untuk suatu produk, menyisihkan produk itu, dan membiarkan pelanggan melunasinya di kemudian hari.

  • Point Loyalitas – Jika Anda memiliki program loyalitas, Anda juga dapat mengambil poin loyalitas atau hadiah sebagai bentuk atau pembayaran.

Baca Juga : Bagaimana Sistem POS Retail Membantu Meningkatkan Penjualan

turboly.com)